nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Johar Lin Eng Ditangkap Satgas Mafia Bola, Edy Rahmayadi: Itu Bukan Persoalan PSSI

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 28 49 1997288 johar-lin-eng-ditangkap-satgas-mafia-bola-edy-rahmayadi-itu-bukan-persoalan-pssi-a3qILFL04E.jpg Edy Rahmayadi. (Foto: Okezone)

MEDAN – Tim Satuan Tugas (Satgas) Mafia Bola yang dibentuk Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, telah menetapkan empat tersangka dalam kasus pengaturan skor pada kompetisi sepakbola Indonesia. Keempat orang itu ialah mantan komisi wasit Priyanto dan anaknya Anik Yuni, anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto, serta anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, ketika diminta komentarnya terkait penangkapan itu mengaku bahwa persoalan yang menyebabkan keempat tersangka ditangkap adalah murni urusan pidana. Semua itu bukanlah persoalan PSSI.

Johar Lin Eng. Foto: Istimewa

"Yang ditangkap itu kan? Itu bukan persoalan PSSI. Ini persoalan hukum positif. Dia melanggar (pasal) penipuan, jadi penipuannya," kata Edy saat ditemui di pelataran Masjid Agung Medan, Jumat (28/12/2018).

BACA JUGA: Harapan Bambang Suryo Usai Penangkapan Tersangka Mafia Bola

Kendati menyebut persoalan yang menjerat Johar Lin Eng bukanlah persoalan PSSI, Edy mengapresiasi langkah Polri yang sudah menangkap para tersangka.

“Kita apresiasi. Sayangnya baru sekarang. Kenapa enggak dari kemarin-kemarin,” lanjut Edy.

Johar Lin Eng. Foto: Istimewa

Sementara itu, terkait nasib Johar Lin Eng di posisi Exco PSSI, Edy mengaku akan diselesaikan sesuai dengan prosedur yang ada di PSSI.

“Ke depan, PSSI ingin bersih dari praktik mafia bola. Kalau ada petinggi PSSI yang tersangkut praktik mafia nanti diputuskan di kongres. Enggak semerta-merta. Aturannya memang gitu. Statutanya memang begitu. Di kongres nanti dibicarakan. Pelanggaran harus kita bersihkan. Kalau saya melanggar, saya harus dibersihkan," tandas Edy.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini