nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vigit Waluyo Dihukum Larangan Beraktivitas di Sepakbola Seumur Hidup

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 04:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 09 49 2001818 vigit-waluyo-dihukum-larangan-beraktivitas-di-sepakbola-seumur-hidup-11hoAA1w2P.jpg Vigit Waluyo (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI resmi menjatuhkan hukuman larangan beraktivitas di dunia sepakbola seumur hidup kepada Vigit Waluyo (VW). Mantan Manajer Umum Deltras Sidoarjo itu dinyatakan bersalah dalam skandal pengaturan skor di Liga 2.

Selain menjatuhkan hukuman untuk Vigit, Komdis PSSI juga menghukum Priyanto dan Anik Yuni Artikasari atas dugaan yang sama. Keduanya dinyatakan bersalah dalam kasus pengaturan skor yang melibatkan klub Persibara Banjarnegara.

“Berdasarkan keterangan yang kita dapat sudah cukup bahwa yang berperan selama ini mereka berdua, yang lainnya kita selidiki lagi. Ketiga VW itu juga dihukum seumur hidup,” ujar Ketua Komdis PSSI Asep Edwin, seperti dikutip Okezone dari Goal Indonesia, Rabu (9/1/2019).

PSSI

(Baca juga: Vigit Waluyo Disebut Jadi Dalang Pengaturan Skor Sepakbola Indonesia)

“Ada pernyataan VW ditulis sebagai petinggi atau penasihat PS Mojokerto Putra, dan dia bilang di media yang mewawancarainya. PSMP juga sudah ketahuan ada match fixing dan kami bisa meyakinkan anggota Komdis bahwa yang bersangkutan punya peran besar sehingga hukumannya seumur hidup,” imbuh Asep Edwin.

Selain hukuman tersebut, Vigit juga berpotensi mendapat sanksi lebih berat dari dunia internasional. Federasi, dalam hal ini PSSI, dapat menulis ke FIFA bahwa hukuman larangan beraktivitas di dunia sepakbola bisa berlaku secara internasional.

Vigit Waluyo lebih dulu menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Sidoarjo

“Ada ketentuan untuk proses administrasi bisa berlaku di FIFA. Di kode disiplin diatur itu. Dari federasi bisa nulis ke FIFA, bahwa hukuman ini juga diberlakukan secara internasional, itu ada,” tukas Asep Edwin.

Nama Vigit Waluyo sebagai dalang pengaturan skor mulai santer terdengar akhir November 2018. Adalah mantan dalang pengaturan skor sepakbola Indonesia, Bambang Suryo, yang mengungkapkan nama Vigit dalam sebuah acara televisi. VW disebut-sebut kepanjangan tangan langsung dari bandar judi kelas internasional di Indonesia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini