nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Bintang yang Terlibat Tindak Kriminal, Nomor 2 Aksi Penculikan

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 10:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 19 51 1993268 5-pemain-bintang-yang-terlibat-tindak-kriminal-nomor-2-aksi-penculikan-k2oNzXOllM.jpg Higuita saat melakukan tendangan skorpion. (Foto: Sportskeeda)

MENJADI pesepakbola merupakan profesi yang menjanjikan, terutama di kawasan Eropa. Guyuran uang yang didapatkan membuat mereka dapat melakukan apa saja yang mereka mau.

Akan tetapi, karena merasa memiliki segalanya, terkadang si pesepakbola jadi lupa diri. Tanpa disadari, kelakuan yang mereka buat telah merugikan orang lain. Bahkan, tindakan yang mereka lakukan dapat dikategorikan tindakan kriminal. Siapa saja pesepakbola yang pernah terlibat tindakan kriminal?

Berikut 5 pemain bintang yang terlibat tindak kriminal:

5. Joey Barton

Joey Barton

Barton dikenal sebagai pesepakbola yang temperamental. Pemain yang mengecap satu caps bersama Tim Nasional (Timnas) Inggris itu sempat beberapa kali terlibat keributan di kelab malam. Namun, yang paling menarik perhatian saat Barton menyerang sekelompok pemuda di sebuah kelab malam di Kota Liverpool.

Setelah meminum bir sekira 10 liter, Barton menyerang setidaknya dua pemuda. Bahkan, salah satu pemuda tersebut harus kehilangan giginya akibat serangan Barton. Akibat kelakukannya tersebut, eks pemain Newcastle United itu dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan. Namun, faktanya ia hanya menjalani masa hukuman penjara selama dua setengah bulan.

4. Eric Cantona

Eric Cantona

Pada era 1990-an, Cantona bisa dibilang salah satu penyerang terbaik di dunia. Namun, di balik kualitasnya dalam mengoyak jala gawang lawan, pria asal Prancis itu memiliki temperamental yang sangat tinggi. Pada 1995 saat membela Man United menghadapi Crystal Palace, Cantona mendapatkan kartu merah dari wasit.

Cantona diusir wasit karena dinilai telah menendang pemain belakang Palace, Richard Shaw. Akan tetapi, ketika Cantona sedang berjalan menuju lorong stadion, ia mendapatkan hujatan dari salah satu suporter Palace, Matthew Simmons.

Kesal mendapatkan umpatan, Cantona langsung menendang Simmons menggunakan tendangan Kung-Fu. Akibat tindakannya tersebut, Cantona sempat divonis menjalani hukuman penjara selama dua minggu. Akan tetapi, setelah menjalani banding, Cantona hanya diminta melayani masyarakat selama 120 jam.

3. Tony Adams

Tony Adams

Tidak ada yang meragukan kualitas Tony Adams saat mengawal pertahanan Arsenal. Selama 19 tahun (1983-2002) membela Arsenal, Adams total memberikan empat trofi Liga Inggris bagi publik London Utara. Akan tetapi, di balik performa impresifnya di dalam lapangan, Adams terkenal cukup brutal di luar lapangan.

Adams terkenal pencandu alkohol. Bahkan akibat terlalu banyak menenggak alkohol, Adams sempat terlibat perkelahian di kelab malam. Akibatnya, Adam terjatuh dari tangga dan harus menerima 29 jahitan di kepalanya.

Kemudian pada 1990, Adams tidak sengaja menabrakkan mobilnya ke dinding. Setelah diperisa kepolisian Kota London, kadar alkohol dalam darah Adams empat kali lipat lebih banyak dari batas yang dianjurkan. Akibatnya, Adams dihukum penjara selama empat bulan. Namun, ia dilepaskan setelah menjalani masa setengah hukuman di atas.

2. Rene Higuita

Rene Higuita

Higuita sempat dipenjara selama beberapa bulan, jelang membela Tim Nasional (Timnas) Kolombia di Piala Dunia 1994. Alhasil, Higuita pun tidak disertakan sang pelatih untuk membela Los Cafeteros –julukan Kolombia– di Piala Dunia 1994. Sekarang yang jadi pertanyaan, mengapa Higuita dipenjara?

Higuita terlibat dalam kasus penculikan. Saat itu, pria yang terkenal berkat tendangan skorpionnya itu menjadi sosok perantara dalam kasus penculikan yang melibatkan kartel narkoba terkenal asal Kolombia, Pablo Escobar dan Carlos Molina. Saat itu, anak Molina diculik Escobar sehingga Higuita pun menjadi perantara dalam kasus di atas.

Tentu, Higuita tidak cuma-cuma dalam menjalankan tugasnya tersebut. Pria berambut panjang itu mengharapkan imbalan. Sayangnya, menurut undang-undang di Kolombia, seseorang tidak boleh mengambil untung dari kasus penculikan, sehingga Higuita pun harus mendekam di penjara.

1. George Best

George Best

Tidak ada yang meragukan kualitas olah bola Best. Ia berperan besar dengan membantu Man United menjuarai Piala Champions 1967-1968. Akan tetapi, di balik itu semua, Best memiliki sisi buruk. Uang berlimpah membuat Best menerapkan gaya hidup mewah. Ia menghabiskan uangnya tersebut untuk minum-minuman keras dan bermain dengan banyak wanita.

Tanpa disadari, kebiasaannya menenggak alkohol sering merugikan orang lain. Selain sempat memukul sang istri, Best kedapatan pernah menyerang polisi. Akibat tindakannya tersebut, Best pun harus mendekam di penjara selama tiga bulan.

1
5

Berita Terkait

Soccer Time

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini