Meksiko Ialah Negara Pertama yang 3 Kali Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 17:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 51 1910439 meksiko-ialah-negara-pertama-yang-3-kali-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-lT83NhkjzC.jpg Suasana Stadion Saat Piala Dunia Meksiko 1986 (Foto: AFP)

FIFA telah menunjuk secara resmi tuan rumah untuk Piala Dunia 2026, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.Terpilihnya Meksiko sebagai tuan rumah Piala Dunia merupakan yang ketiga kalinya sepanjang sejarah.

Meksiko sebelumnya pernah menajdi tuan rumah Piala Dunia edisi 1970 dan 1986. Akan tetapi, patut disayangkan status sebagai tuan rumah tidak mampu membuat Meksiko mengangkat trofi Piala Dunia sebagai juara.

Momen Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026 (Foto: AFP)

Meksiko hanya mampu menyentuh babak perempatfinal pada dua edisi Piala Dunia tersebut. Sementara itu, pada 1970 Brasil keluar sebagai juara dan berhak mengklaim trofi Piala Dunia ketiga sepanjang sejarah Tim Samba.

BACA JUGA: Wilshere Indikasikan Hengkang dari Arsenal

Kemudian, pada 1986 giliran Argentina yang keluar sebagai juara usai mengalahkan Jerman Barat dengan skor akhir 3-2. Kala itu Diego Maradona menjadi bintang dengan mencetak salah satu gol untuk membawa tim berjuluk Albiceleste itu menjadi juara untuk kedua kalinya.

Momen Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026 (Foto: AFP)

Kendati tidak menjadi tuan rumah tunggal pada Piala Dunia 2026, Meksiko tetap masuk dalam catatan sejarah karena terpilih sebanyak tiga kali sebagai penyelenggara. Hal itu merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak Piala Dunia digelar pertama kali pada 1930 di Uruguay.

Selain itu, setiap kali Meksiko menjadi tuan rumah yang menjadi juara selalu negara yang berasal dari Amerika Selatan yakni Brasil (1970) dan Argentina (1986). Patut dinantikan, apakah hal yang sama juga terjadi pada gelaran Piala Dunia 2026, atau sesuatu yang baru akan tercipta pada turnamen akbar empat tahunan tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini