Image

Untung & Rugi Persib Akibat Penundaan Jadwal Lawan Persebaya

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 07:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 49 1899236 untung-rugi-persib-akibat-penundaan-jadwal-lawan-persebaya-gplM52rqvA.jpg Persib sedang melakukan latihan. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Aksi teror bom di Surabaya berimbas pada ditundanya laga Persebaya Surabaya vs Persib Bandung. Semula, laga tersebut akan digelar akhir pekan ini. Tapi, jadwal ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Bagi Persib, ada dua sisi yang dirasakan akibat penundaan jadwal tersebut. Ada sisi positif dan negatif yang dirasakan sekaligus.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, mengatakan sisi positif dari penundaan laga adalah kondisi fisik pemain akan lebih bugar saat melawan PSM Makassar pertengahan pekan depan di Bandung. Sebab, ada masa jeda yang cukup lama dari laga terakhir ke pertandingan kontra PSM.

Baca juga: Persib Hendak ke Luar Negeri sebagai Ganti Batalnya Laga Kontra Persebaya

(Persib menjalani latihan)

"Kita punya rentang waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebugaran pemain," ujar Yaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (17/5/2018).

Lalu, apa dampak negatifnya? Menurut Yaya, intensitas bermain 'Maung Bandung' terganggu. Sebab, Persib kehilangan satu laga sebelum melakoni laga kontra PSM.

Secara umum, sentuhan bertanding PSM tetap terjaga karena jadwal pertandingan mereka tidak mengalami penundaan. Kondisi itu berbeda dengan Persib yang 'nganggur'.

"Yang merugikan adalah intensitas permainan terganggu. Jelas mereka (PSM) main, kita enggak. PSM main besok (Kamis, 17 Mei 2018), artinya mereka punya intensitas permainan yang stabil," jelas Yaya.

Tapi, Persib punya cara sendiri agar sentuhan bertanding mereka tetap stabil. Laga pengganti disiapkan akhir pekan ini berupa uji coba.

Semula, pelatih Mario Gomez menginginkan Persib beruji coba di luar negeri. Sebab, tim di Indonesia sedang mengarungi kompetisi. Tapi, hal itu kemungkinan tidak akan terjadi.

Yaya pun mengungkap kemungkinan Persib akan melakukan game internal. Yang penting, Persib tetap melakoni pertandingan untuk menjaga intensitas bertanding.

Baca juga: Kata Para Pemain Persib soal Teror Bom di Indonesia

"Kita harus menjaga intensitas permainan kita. Makanya, di hari yang sama (akhir pekan), ketika seharusnya kita main lawan Persebaya, kita adakan game internal di hari sabtu," tuturnya.

Game internal sendiri kemungkinan digelar malam hari. Tujuannya sebagai bagian dari adaptasi. Sebab, laga melawan PSM nanti akan berlangsung malam.

"Kita kondisikan adaptasi lawan PSM. Kemungkinan (game internal digelar) malam. Kita masih koordinasi. Bisa dibilang itu sebagai laga pengganti untuk menjaga performa kita," tandas Yaya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini