nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aremania Tak Dapat Saksikan Langsung Laga Persebaya vs Arema FC

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 05 Mei 2018 18:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 05 49 1894884 aremania-tak-dapat-saksikan-langsung-laga-persebaya-vs-arema-fc-54Wmxww48A.jpg Pendukung Arema FC (Foto: IG Aremania)

SURABAYA -  Laga Derby Jawa Timur yang mempertemukan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Minggu 6 Mei 2018 sore WIB dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1 musim 2018 mendapat perhatian khusus dari panitia penyelenggara (panpel). Mereka menyoroti keamanan pada laga tersebut.

Pihak Panpel Persebaya pun memutuskan untuk melarang Aremania –sebutan suporter Arema FC– untuk hadir mendampingi timnya berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hal ini dilakukan sehubungan dengan keputusan dari Kapolda Jawa Timur. Ketua Panpel Persebaya, Wisnu Sakti Buana, mengatakan larangan Aremania untuk datang ke Surabaya merupakan instruksi dari Kapolda Jawa Timur sejak 1999.

BACA JUGA: Rahmad Darmawan Tak Akan Manfaatkan Absennya Beberapa Pilar Penting Bali United

Aremania

"Keputusan Kapolda sejak 1999 belum pernah dicabut. Kalau Arema bermain di Surabaya, Aremania tidak boleh hadir. Begitu juga sebaliknya, kalau Persebaya bermain di Malang, Bonek (suporter Persebaya) dilarang datang. Itu demi keamanan," ungkap Wisnu, saat konferensi pers, Sabtu (5/5/2018).

Wisnu menambahkan, panpel Persebaya pun akan menghormati keputusan dari kepolisian. Karena itu, mereka tidak akan memberikan kuota bagi Aremania yang datang untuk menyaksikan timnya bertanding.

"Jika kami yang melanggar keputusan kepolisian, maka izin menyelenggarakan pertandingan tidak akan keluar dari kepolisian," tambah pria yang juga Wakil Kota Surabaya ini.

Terkait kemungkinan adanya Aremania yang datang, pihak panpel mengaku tak mau bertanggung jawab. Mereka menegaskan takkan bertanggung jawab jika terjadi kericuhan di dalam maupun luar stadion.

 BACA JUGA: Barito Putera Bawa Pemain Asing Terbarunya saat Hadapi PSMS Medan

Aremania

Karena pelarangan ini, tiket berjumlah 50 ribu lembar yang dicetak Panpel pun diperuntukkan penuh untuk Bonek. Meski demikian, jumlah tersebut diperkirakan kurang mengingat antusiasme yang luar biasa dari Bonek. Bahkan, banyak Bonek yang berasal dari luar Surabaya menyempatkan datang ke Stadion Gelora Bung Tomo guna menyaksikan tim kesayangannya bertanding di kandang sendiri.

"Kami siapkan dua layar lebar bagi Bonek yang tidak kebagian tiket. Karena kami prediksi kuota 50 ribu itu kurang," tukas Wisnu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini