nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persija Lolos ke Semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2018 Usai Bungkam Tampines

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 21:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 24 51 1891049 persija-lolos-ke-semifinal-zona-asean-afc-cup-2018-usai-bungkam-tampines-JbUypn6P4e.jpg Persija Jakarta vs Tampines Rovers (Foto: Media Persija)

SINGAPURA – Persija Jakarta melangkah ke semifinal Zona Asia Tenggara (ASEAN) AFC Cup 2018 usai mengandaskan Tampines Rovers di penyisihan Grup H AFC 2018. Bermain di Stadion Jalan Besar, Selasa (24/4/2018) malam WIB, Macan Kemayoran –julukan Persija– sukses memenangi laga dengan skor akhir 4-2.

Kemenangan ini pun mengantarkan Persija memuncaki klasemen Grup H dengan koleksi 13 poin. Keberhasilan Persija memastikan diri menjadi pemuncak klasemen juga diikuti kekalahan Song Lam Nghe Anh (SLNA) dari Johor Darul Ta’zim (JDT) dengan skor akhir 2-3. SLNA dan JDT berturut-turut finis di posisi dua dan tiga dengan koleksi 10 poin.

Sementara itu, empat gol Persija dicetak empat pemain berbeda yakni Rezaldi Hehanusa, Marko Simic, Novri Setiawan, dan Addison Alves. Sementara dua gol milik Tampines dicetak Jordan Webb dan Fazrul Nawas. Nantinya di semifinal Zona ASEAN, Persija berpotensi menghadapi wakil asal Filipina, Ceres-Negros.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga dimulai, Persija langsung menyerang tim tuan rumah untuk mengincar kemenangan pada pertandingan ini. Sang andalan Marko Simic dan Rezaldi Hehanusa beberapa kali memberikan ancaman bagi Tampines.

Pada menit 13, Simic mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Sayang sepakan Simic di depan kotak penalti masih menyamping di sisi kanan gawang. Permainan menyerang puin berhasil dikuasai Persija di 20 menit awal pertandingan.

Hingga akhirnya gol yang ditunggu Persija tercipta pada menit 23. Rezaldi berhasil menggetarkan gawang Tampines untuk membuat keunggulan pertama. Umpan silang Riko Simanjuntak berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Rezaldi. Persija unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Tampines langsung merespon dengan cepat. Tim tuan rumah balik mengancam Persija. Berselang tiga menit, tim asal Singapura itu langsung membuat keadaan kembali imbang menjadi 1-1.

Gol pertama Tampines terjadi lewat aksi Jordan Webb. Gol tersebut lahir melalui lanjutan tendangan sudut Yasir bin Hanapi yang disambut dengan tandukan Webb. Bola pun langsung menggetarkan jala Macan Kemayoran.

Setelah bermain imbang, kedua tim sama-sama bermain terbuka untuk kembali mencetak gol. Moral para pemain Tampines kembali bangkit untuk bisa meraih tiga angka di hadapan publik sendiri sekaligus untuk kemenangan pertama di ajang AFC Cup.

Tetapi jelang laga berakhir, Persija akhirnya kembali unggul. Sang top skor sementara, Simic berhasil mencetak gol bagi keunggulan tim tamu pada menit 45+1. Umpan apik dari Riko di sisi kanan berhasil disambar langsung oleh Simic. Gol pun tercipta. Persija unggul 2-1 atas Tampines hingga turun minum.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, serangan Persija masih belum berhenti. Laga berjalan tiga menit, Simic berhasil menciptakan peluang. Tembakan kaki kirinya nyaris menjebol gawang Tampines. Namun, kiper Tampines mampu menghalaunya dengan baik.

Tetapi pada menit 51, Novri berhasil menambahkan keunggulan bagi Macan Kemayoran. Riko yang memimpin serangan balik Persija sukses memberikan umpan apik kepada Novri yang berdiri bebas. Novri pun dengan mudah menambah keunggulan Persija dengan skor 3-1.

Belum puas mencetak tiga gol, Persija kembali menambah keunggulan pada menit 72.  Kali ini giliran Addison yang sukses mencetak gol keempat. Umpan apik dari Rohit Chand berhasil dimanfaatkan Addison untuk membawa bola sendirian dari sisi kiri.

Meski mendapat halangan dari pemain bertahan Tampines, Addison berhasil masuk ke tengah lapangan dan melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Macan Kemayoran pun sukses menambah keunggulan dengan skor 4-1.

Tertinggal tak membuat Tampines menyerah begitu saja. Pada menit 80, tim tuan rumah berhasil menjebol gawang Andritany. Kali ini Fazrul Nawas yang sukses memperkecil ketertinggalan. Meneruskan umpan apik dari Khairul Amri bin Mohammad Kamal, Nawas membuat kedudukan berubah menjadi 4-2.

Keunggulan tersebut tak berakhir hingga laga usai, Persija pun secara perkasa berhasil memenangi laga tersebut dan memastikan tiket ke semifinal zona ASEAN AFC Cup 2018. Sementara Tampines harus puas sebagai juru kunci Grup H.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini