nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Pemalsu Tiket Pertandingan PSMS Medan VS Perseru Serui

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 07:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 21 49 1889607 polisi-tangkap-pemalsu-tiket-pertandingan-psms-medan-vs-perseru-serui-XUt1XRZWcm.jpg Polisi ciduk penjual tiket palsu (Foto: Okezone/Wahyudi Aulia Siregar)

MEDAN - Polisi bekerja cepat merespon temuan tiket palsu yang beredar pada pertandingan lanjutan pekan kelima Liga 1 musim 2018 antara PSMS Medan dan Perseru Serui, yang digelar di Stadion Teladan Medan, Jumat (20/4/2018) malam.

Kapolsekta Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani mengatakan, setelah mendapatkan laporan akan keberadan tiket palsu itu, ia langsung mengerahkan anak buahnya untuk melakukan penyelidikan.

"Berdasarkan keterangan dari korban yang membeli tiket palsu itu, petugas kita langsung bisa menangkap tersangka saat masih menjual tiket palsu itu di pintu selatan stadion,"sebut Revi.

Revi menjelaskan, tersangka adalah Pramudianda Gultom (29), warga Jalan Pelangi/Tapian Nauli, Kecamatan Medan Kota. Dalam menjalankan aksinya, tersangka membeli tiket asli seharga Rp.40 ribu. Ia kemudian menggandakan tiket itu dengan fotokopi berwarna sebanyak 40 lembar. Tiket asli dan tiket palsu itu kemudian dijualnya dengan harga antara Rp.25 ribu-Rp.30 ribu kepada suporter yang akan menonton pertandingan.

"Saat kita tangkap, kita berhasil menyita 20 lembar tiket palsu yang belum terjual, serta uang tunai senilai Rp.320 ribu yang diduga merupakan hasil penjualan tiket palsu itu."jelasnya.

"Kita juga mengamankan satu mesin printer dan dua pekerja dari tempat tersangka menggandakan tiket tersebut. Tapi keduanya pekerja masih berstatus saksi,"tambahnya.

Revi lebih lanjut mengatakan, dari pengakuan tersangka, ia baru sekali melakukan pemalsuan tiket pertandingan. Tersangka mempelajari pemalsuan tiket itu dari seorang rekannya yang dahulu pernah melakukan kejahatan serupa.

Baca Juga:

(PSMS Taklukkan Perseru 1-0 Usai Mendominasi Permainan)

"Dari keterangan tersangka, dia belajar dari kawannya. Dulu kawannya itu pernah memalsukan tiket waktu PSMS bertanding untuk Liga 2. Dia sendiri baru sekali ini, tapi kita akan dalami lagi. Dugaan kita, masih ada pelaku lain yang melakukan pemalsuan tiket ini. Untuk sementara, tersangka kita jerat dengan Pasal 263 KUHPidana tentang pemalsuan dengan ancaman 6 tahun penjara,"tandasnya.

Media Officer PSMS Medan, Bobi Septian, mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepolisian, yang bekerja cepat menangani peredaran tiket palsu tersebut. Bobi mengaku peredaran tiket palsu ini berpotensi besar merugikan suporter yang ingin mendukung setiap pertandingan PSMS Medan. "Kita memberikan apresiasi. Semoga ini bisa menjadi pelajaran buat semua pihak, sehingga tidak lagi terjadi pemalsuan seperti ini,"tandasnya didampingi Sekretaris PSMS Medan, Julius Raja.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini