Share

Emery: PSG Butuh Waktu untuk Bisa seperti Bayern dan Madrid

Hendry Kurniawan, Okezone · Kamis 19 April 2018 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 51 1888503 emery-psg-butuh-waktu-untuk-bisa-seperti-bayern-dan-madrid-4IEw0nuDv1.jpg Para pemain Paris Saint-Germain melakukan selebrasi (Foto: AFP)

PARIS โ€“ Bukan rahasia lagi bahwa sejak tujuh musim terakhir, Paris Saint-Germain (PSG), perlahan tapi pasti menjelma menjadi tim yang cukup disegani di Eropa. Kendati demikian, pelatih PSG, Unai Emery, menilai bahwa timnya tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menandingi sejumlah klub elite Eropa, seperti Bayern Munich dan Real Madrid.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kegemilangan yang diperoleh PSG saat ini berkat dukungan dana besar dari para investor. Sejak diambil alih oleh investor Qatar, PSG lekas membeli para pemain berkualitas. Klub berjuluk Les Parisiens itu tak ragu menggelontorkan dana besar untuk merekrut dan membayar gaji pemain yang mereka inginkan.

(Baca juga: Raiola Tawarkan Pogba kepada PSG)

Para pemain PSG melakukan selebrasi

Hasilnya terbukti, dalam tujuh musim terakhir PSG sukses memenangkan lima gelar juara Liga Prancis. Padahal, sebelum investor Qatar mengambil alih PSG, Les Parisiens hanya mampu memenangkan gelar juara Liga Prancis sebanyak dua kali, yakni pada musim 1985-1986 dan 1993-1994.

Kendati demikian, apabila membicarakan kompetisi Eropa, nyatanya PSG masih belum bisa menunjukkan tajinya. Maklum saja, jika dibandingkan dengan klub-klub raksasa negara Eropa lainnya, PSG tak memiliki sejarah bagus di kancah kompetisi Eropa tersebut.

Kini, bahkan ketika PSG telah memiliki skuad luar biasa pun, mereka masih tetap kesulitan menjadi jawara di kancah Eropa. Emery mengakui kalau PSG membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk bisa menyamai para klub raksasa Eropa. Maklum saja, jika dibandingkan dengan klub raksasa Eropa lainnya, pencapaian PSG selama ini masih belum ada apa-apanya.

Pemain Real Madrid melakukan selebrasi memenangi Liga Champions

Sebut saja Madrid dan Barcelona, yang merupakan penguasa Liga Spanyol, di mana raihan gelar juara mereka unggul jauh atas tim-tim lainnya. Begitupun dengan Bayern, yang sebanyak 28 kali memenangi gelar juara Liga Jerman. Bahkan, jika dibandingkan dengan tim-tim besar Eropa seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan pun prestasi PSG dinilai belum ada apa-apanya.

โ€œPSG adalah sebuah klub baru dengan jumlah gelar yang sama dengan Lyon. Di liga lain, Bayern Munich memiliki lebih banyak gelar ketimbang tim-tim lainnya; Real Madrid dan Barcelona memiliki lebih banyak gelar juara ketimbang tim Spanyol lainnya, serta Milan, Interm dan Juve memiliki gelar juara lebih banyak dari tim Italia lainnya,โ€ ucap Emery, mengutip dari Football Italia, Kamis (19/4/2018).

โ€œDalam rangka mengembangkan sejarah klu, waktu dan kesabaran adalah yang dibutuhkan,โ€ tukas Emery.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini