nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Pesan Luis Milla untuk Egy Maulana yang Lanjutkan Karier di Polandia

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 21:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 51 1871582 ini-pesan-luis-milla-untuk-egy-maulana-yang-lanjutkan-karier-di-polandia-wpWwybY5wJ.jpg Egy Maulana saat diperkenalkan Lechia Gdansk. (Foto: Laman resmi Lechia Gdansk)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Luis Milla, memberi saran kepada anak asuhnya yakni Egy Maulana Vikri yang melanjutkan karier di Polandia. Milla menyarankan Egy untuk menyiapkan mental. Sebab Polandia dan Indonesia sangat jauh berbeda, baik itu budaya, makanan dan cuaca.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Egy. Dia akan tinggal di tempat baru untuk bermain sepak bola. Saya harap dia bisa tumbuh di sana, serta harus siapkan mental, karena negaranya berbeda dengan Indonesia," kata Milla mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (12/3/2018).

Egy resmi diperkenalkan sebagai pemain klub asal Polandia, Lechia Gdansk pada Minggu 11 Maret 2018. Pesepakbola asal Medan itu dikontrak selama tiga tahun oleh Lechia Gdansk Meski begitu, Egy tak langsung merumput bersama klub yang bermarkas di Stadion Energa Gdansk tersebut. Hal itu karena kontrak Egy bersama Lechia baru akan berlaku pada 8 Juli 2018.

BACA JUGA: Jersey Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk Sudah Dijual

Sesuai aturan yang diterapkan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), seorang pemain profesional baru bisa diturunkan tim utama ketika sudah berusia 18 tahun. Pengecualian jika si pesepakbola itu berasal dari akademi klub tersebut. Ambil contoh kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, yang sudah membela tim utama di usia 16 tahun.

Karena itu, Egy yang saat ini masih berusia 17 tahun belum bisa diturunkan Lechia. Egy sendiri baru berusia 18 tahun pada 7 Juli 2018. Nantinya bersama Lechia, ia akan mengenakan nomor kostum 10.

Sebenarnya nomor kostum tersebut masih dimiliki gelandang Lechia, Sebastian Mila. Namun, kontrak gelandang berusia 35 tahun itu bersama The Stripes –julukan Lechia– akan habis akhir musim ini. Karena itu, Egy disiapkan Lechia untuk menggantikan posisi Mila nantinya.

BACA JUGA: Egy Maulana Vikri Disebut Neymar-nya Indonesia oleh Media Polandia

Meski menjalani karier di Polandia, Luis Milla mengaku akan tetap memantau perkembangan Egy. Tenaga Egy dibutuhkan Milla untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Tanah Air pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Egy pasti akan kami pantau terus perkembangannya selama di Polandia. Karena saya tahu Egy adalah pemain yang berkualitas dan bisa membantu kita di skuad Timnas," tutup mantan pelatih Timnas Spanyol U-23 itu.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini