Keputusan Wenger Rekrut Aubameyang Tuai Kritikan Legenda

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 03:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 11 45 1857807 keputusan-wenger-rekrut-aubameyang-tuai-kritikan-legenda-RCnsl8M4q0.jpg Pierre-Emerick Aubameyang (Foto: AFP)

LONDON – Saga transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund menuju Arsenal akhirnya berakhir juga. Aumeyang akhirnya resmi bergabung dengan klub asal London Utara tersebut di hari terakhir bursa transfer musim dingin 2018.

Untuk bisa mendapatkan jasa Aubameyang, pihak Arsenal harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ya, kubu Arsenal diharuskan membayar nominal sebesar 56 juta pounds atau sekira Rp1 triliun kepada Dortmund.

Nilai besar itu nampaknya takkan disesali oleh manajemen Arsenal jika melihat performa Aubameyang ketika debut. Ya, penyerang Timnas Gabon tersebut mampu merebut hati para pendukung Arsenal dengan mencetak gol.

Namun sayang di pertandingan kedua Aubameyang, ia gagal memberikan kontribusi maksimal hingga akhirnya Arsenal takluk 0-1 dari Tottenham Hotspur. Itu membuat sejumlah kritikan terhadap keputusan Arsene Wenger memboyong Aubameyang mulai terdengar.

Baca Juga: Wenger: Terlalu Dini Sejajarkan Aubameyang dengan Thierry Henry

Adalah salah satu legenda Arsenal, yakni Paul Merson, sebagai sosok pertama yang mengkritisi kebijakan Wenger itu. Ia menilai Wenger sudah melupakan filosofi sepakbolanya ketika memutuskan merekrut Aubameyang pada bursa transfer musim dingin 2018.

“Dia (Aubameyang) bukanlah pembelian Arsene Wenger menurut saya. Kapan Wenger pernah membeli pemain berusia 29 tahun seharga 60 juta pounds dan tanpa klausul penjualan? Tidak pernah sama sekali,” ucap Merson, seperti dikutip dari Talksport, Minggu (11/2/2018).

“Sir Alex Ferguson melakukan hal itu beberapa tahun yang lalu. DIa bilang dia ingin memenangkan Liga dan dia membeli Robin van Persieuntuk menjadi mesin golnya untuk melampaui Manchester City,” sambung pria berusia 49 tahun itu.

“Tidak ada klausul penjualan dalam pembelian itu, dan dia (Persie) memenangkan Liga Inggris bagi mereka serta kemudian ia merencanakan untuk pensiun. Sementara pembelian Aubameyang ini seperti pembelian 'Empat Besar' pada umumnya dilakukan Arsenal,” tutupnya.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini