5 Alasan Zidane Segera Dipecat Madrid, Nomor 2 Faktor Terkuat

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 46 1852132 5-alasan-zidane-segera-dipecat-madrid-nomor-2-faktor-terkuat-80BXEwYD6Z.jpg Zidane nasibnya di ujung tanduk. (Foto: REUTERS/Juan Medina)

ZINEDINE Zidane telah memberikan delapan trofi bagi Real Madrid, meski baru bertugas sebagai pelatih per 4 Januari 2016. Zizou –sapaan akrab Zidane– tercatat sebagai pelatih pertama yang mampu menyabet trofi Liga Champions secara beruntun (2015-2016 dan 2016-2017).

Namun, hasil buruk yang dialami Madrid di musim 2017-2018 langsung menutup kesuksesan Zidane bersama Madrid pada dua musim sebelumnya. Nasib pelatih berpaspor Prancis itu berada di ujung tanduk setelah hingga pekan 21, Madrid tertahan di posisi empat dengan koleksi 38 angka. Mereka terpaut 19 poin dari Barcelona di puncak klasemen.

Setidaknya ada lima alasan mengapa dalam waktu dekat Zidane akan dicopot dari jabatan sebagai pelatih Madrid. Apa saja itu?

Berikut 5 alasan Zidane segera dipecat Madrid, mengutip dari Sportskeeda:

5. Florentino Perez Sering Memecat Pelatih

(Foto: AFP/Gerard Julien)

Semenjak kembali ditunjuk sebagai Presiden Madrid pada 2009, Perez tak pernah memperkerjakan seorang pelatih di atas tiga musim. Jose Mourinho jadi yang terlama dengan mengabdi selama tiga musim (2010-2013).

Sejak 2009 itu, Perez telah menunjuk enam sosok sebagai pelatih Madrid. Ketika seorang pelatih gagal total, ia tak segan langsung mendepaknya. Ambil contoh Rafael Benitez. Setelah Madrid tercecer di persaingan jalur juara Liga Spanyol 2015-2016, Benitez dipecat setelah hanya menukangi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan selama enam bulan.

4. Tekanan dari Madridistas

(Foto: AFP/Philippe Marcou)

Fans Madrid atau yang lebih dikenal Madridistas jelas menyayangi Zidane. Zizou tak hanya sukses ketika menjadi pelatih, namun juga berprestasi saat membela Madrid sebagai pemain dalam kurun 2001-2006.

Namun, Madridistas melihat Madrid membutuhkan perubahan demi menyelamatkan musim. Perubahan itu ialah dengan memecat Zidane dan menggantinya dengan pelatih baru.

3. Kesalahan di Pasar Transfer

(Foto: Curto De La Torre/AFP)

Zidane berani melepas pemain-pemain hebat pada bursa transfer musim panas 2017. Sebut saja Pepe Lima, Alvaro Morata, Danilo, Fabio Coentrao hingga James Rodriguez. Nama-nama tersebut memang gagal menembus skuad utama Madrid pada 2016-2017. Namun, keberadaan mereka dapat diandalkan ketika tim dalam masa deadlock.

Ironisnya setelah melepas nama-nama di atas, Madrid justru terkesan irit. Mereka hanya mendatangkan Theo Hernandez dari Atletico Madrid dan Dani Ceballos (Real Betis). Selain itu pada bursa transfer musim dingin 2018, Zidane disebut-sebut juga menolak rencana Madrid mendatangkan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao dan Eden Hazard (Chelsea).

2. Real Madrid Tercecer di Liga Spanyol

(Foto: REUTERS/Paul Hanna)

Bisa dibilang sukses tidaknya seorang pelatih menangani Madrid, dilihat dari pencapaian di Liga Spanyol. Di musim pertama menangani Madrid, Zizou memang gagal membawa Gareth Bale dan kawan-kawan menjuarai Liga Spanyol. Akan tetapi di musim 2015-2016 itu, Madrid menjadi yang terbaik di Liga Champions.

Sementara itu di musim kedua, Madrid berjaya dengan menjuarai dua ajang tersebut. Namun di musim ini, Madrid tercecer di Liga Spanyol. Hingga pekan 21, Madrid yang duduk di posisi empat tertinggal 19 poin dari Barcelona. Butuh usaha keras bagi mereka untuk menyalip ketangguhan Blaugrana –julukan Barcelona.

1. Tersingkir Dini dari Copa del Rey

(Foto: REUTERS/Juan Medina)

Tak disangka, nama Madrid sudah tak terdaftar sebagai konstestan semifinal Copa del Rey 2017-2018. Hal itu karena di perempatfinal, Madrid sudah disingkirkan kuda hitam yang juga berasal dari kota mereka, Leganes.

Sebenarnya di leg I perempatfinal yang berlangsung di markas Leganes, Madrid sanggup menang 1-0. Namun, pada leg II yang mentas di kandang sendiri, Madrid kalah 1-2. Skor memang sama kuat 2-2. Akan tetapi Madrid kalah agresivitas gol tandang dari sang lawan.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini