Image

Guardiola: Kami Butuh Kekalahan untuk Tetap Fokus!

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 45 1826606 guardiola-kami-butuh-kekalahan-untuk-tetap-fokus-7SOuIJIyqr.jpg Para Pemain Manchester City (Foto: AFP)

DONETSK – Setelah tampil perkasa sejak awal musim kompetisi 2017-2018, Manchester City pada akhirnya menelan kekalahan pertamanya di musim ini kala bertandang ke markas Shakhtar Donetsk dalam lanjutan babak penyisihan Grup F Liga Champions. Pada laga tersebut, skuad berjuluk The Citizens tumbang dengan skor 1-2.

Tentunya tak ada yang menyangka bahwa kekalahan pertama Man City diberikan oleh tim asal Ukraina yang kerap dipandang sebelah mata. Pelatih Man City, Josep Guardiola pun tak mau terlalu ambil pusing atas kekalahan yang didera skuad asuhannya tersebut.

(Baca juga: Tak Ingin Buru-buru Bertahan di Manchester City, Sterling Pertimbangkan Tawaran Real Madrid)

Pasalnya, tak bisa dimungkiri juga pada laga tersebut Man City bertanding tanpa skuad terbaiknya. Misalnya saja striker mereka, Sergio Aguero, yang memulai laga dari bangku cadangan, serta sejumlah nama seperti Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Kyle Walker yang memang sengaja diistirahatkan.

Lebih lanjut, Guardiola pun mengakui bahwa sesekali timnya memerlukan kekalahan untuk tetap menjaga fokus dan tidak jemawa atas hasil yang telah diraih sejauh ini. Terlebih lagi, pada akhir pekan nanti Man City akan menghadapi laga sengit kala bertandang ke markas Manchester United.

Banyak pihak yang menilai diistirahatkannya sejumlah pemain andalan Man City itu adalah persiapan jelang Derby Manchester yang merupakan salah satu laga krusial di musim ini dalam perebutan gelar juara. Dengan kekalahan 1-2 yang didapat Man City, Guardiola pun mengharapkan agar anak-anak asuhnya mampu bangkit dan melampiaskan hasrat menang mereka terhadap Man United.

“Ketika saya merasa kami butuh kekalahan, itu adalah untuk para pemain dan untuk klub, karena di media orang-orang mengatakan ketika Anda menang maka Anda akan melupakan hal-hal,” ucap Guardiola, menyadur dari Mirror, Kamis (7/12/2017).

“Kami datang ke sini ketika pekerjaan kami selesai di Liga Champions. Sekarang kami akan melihat bagaimana kami bereaksi untuk akhir pekan. Namun, saya telah melihat bagaimana kami bereaksi setelah tertinggal 0-2 di sini (melawan Shakhtar) dan kami melaluinya dengan baik,” lanjutnya.

“Dunia tidak akan berakhir pada akhir pekan, tak peduli apa yang terjadi dan sekarang kami akan bersiap-siap untuk pertandingan itu,” tuntas mantan pelatih Barcelona itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini