Bielsa Akui Racikan Strateginya Keliru

Randy Wirayudha, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2012 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 26 46 635950 4EVn9Pt7MP.jpg Marcelo Alberto Bielsa Caldera (Foto: Daylife)

MADRID – Dua laga final, dua kali pula Athletic Bilbao harus mendapuk status runner up. Tapi kesalahan atas kekalahan Bilbao di final Copa del Rey dini hari tadi, diakui sang nahkoda, Marcelo Bielsa, merupakan kesalahannya dalam menggodok rancangan strategi.

 

Sebelumnya, Singa Basque itu juga harus gagal menyabet gelar Eropa di hajatan Europa League, setelah dikecewakan tim sesama Spanyol, Atlético Madrid beberapa waktu lalu. Kini, kegagalan kembali mendera Bilbao, usai keok 0-3 dari Barcelona di final Piala Raja.

 

Bielsa mengambil tanggung jawab di pundaknya terkait rencana taktik yang sudah disiapkannya. Alih-alih membayangkan rancangannya sukses, Bilbao malah digempur habis Barca. Bahkan mereka sudah tertinggal lebih dulu sebelum waktu menginjak menit kelima.

 

Bilbao sudah dijebol lewat gol cepat Pedro Rodríguez di menit ketiga. Lionel Messi menambah derita Bilbao dengan mencetak gol kedua Barca, di emnit ke-20. Lantas, lima menit berselang, gawang Bilbao yang dikawal Gorka Iraizoz kembali harus koyak oleh Pedro. Skor 3-0 pun bertahan hingga akhir, meski Bilbao tak kering peluang.

 

“Saya membayangkan dan mempersiapkan permainan di mana kami menjadi aktor protagonisnya dengan intensitas dan dinamisme yang saya canangkan,” papar pelatih asal Argentina itu.

 

“Tapi kami tak mampu melancarkannya. Saya akui, saya tak merencanakan strategi dengan benar,” tuntasnya, seperti dikutip Star-Telegram, Sabtu (26/5/2012).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini