Peringkat Empat Terbanyak, Persib Tekor Laga Kandang

|

Huyogo Simbolon - Koran SI

Foto: fans Setia Persib Bandung atau yang akrab disapa Bobotoh/Koran SI

Peringkat Empat Terbanyak, Persib Tekor Laga Kandang
BANDUNG - Persib Bandung masih menjadi klub yang patut diperhitungkan musim depan bagi penyelenggara Liga Indonesia. Total sebanyak 14 laga kandang, jumlah penonton yang terhitung yakni 237.269 orang. Atas hasil tersebut klub berjuluk Maung Bandung menempati urutan keempat terbanyak setelah Arema Malang, Persipura Jayapura, dan Persija Jakarta.

Singo Edan – julukan Arema – memang menempati urutan pertama dengan jumlah penonton sebanyak 283.009 orang. Namun juara Indonesia Super League (ISL) Persipura menempati satu tingkat dibawah yakni 277.689. Kandang Mutiara Hitam – julukan Persipura adalah Stadion Mandala, sedangkan Arema bermain di Stadion Kanjuruhan.

Klub Persija mampu menempati peringkat ke-3 di kandang sendiri dengan jumlah penonton sebanyak 259.715 orang. Dengan menempati urutan “empat besar” jumlah penonton kandang terbanyak, Persib masih menjadi daya tarik bagi penyelenggara ISL 2011/2012.

Sebetulnya, jumlah penonton tersebut bisa saja meningkat. Namun pada putaran pertama Panitia Pelaksana (Panpel) Persib Bandung kala itu belum mendapatkan izin menggunakan Stadion Si Jalak Harupat. Ditambah, pada dua laga kandang (putaran I), Persib harus menerima sanksi larangan bermain.

Wakil Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Riza Adhi Wijaya mengakui pada musim ini Panpel Persib mengalami kerugian cukup besar khususnya dari penjualan tiket. Riza mengatakan, turunnya jumlah penonton disebabkan adanya penurunan jumlah pertandingan kandang.

Musim ini, sama-sama diketahui, tiga tim ISL mengundurkan diri di tengah perjalanan dan hijrah ke Liga Primer Indonesia (LPI). Ketiga tim adalah PSM Makassar, Persema Malang, dan Persibo Bojonegoro.

Mundurnya tiga tim tersebut, lebih lanjut Riza mengatakan, mengurangi jatah laga kandang dari 17 menjadi 14. Di sisi lainnya, ada beberapa pertandingan yang digelar di Stadion Siliwangi dan laga tanpa penonton.

"Pendapatan musim ini turun. Karena selama setengah musim Persib bayak bertanding di Siliwangi, sedangkan musim lalu seluruhnya di Stadion si Jalak Harupat. Selain itu, jumlah pertandingan kandang pun menurun dari 17 menjadi 14. Belum lagi ditambah dua kali pertandingan tanpa penonton," jelasnya.

Sesuai dengan rekap yang dilansir Liga Indonesia, laga terbanyak Persib terjadi saat bentrok dengan Deltras Sidoarjo pada laga pamungkas ISL 2010/2011. Hanya terpaut sebanyak 309 penonton saat Persib menjamu Sriwijaya FC dengan jumlah penonton 26.567.

Pada musim ini, tidak ada satupun kartu merah yang dikeluarkan wasit yang memimpin pertandingan kandang Persib. Sedangkan kartu kuning disematkan sebanyak 18 kali. Total 35 gol memasukan dan 14 gol kemasukan. 9 kali menang, 3 imbang dan kalah 2 kali. Tim yang mampu mengalahkan Persib dikandang yakni Persija dan PSPS Pekanbaru. (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Permak Schalke, The Blues Pastikan Lolos 16 Besar