Share

5 Negara yang Punya Generasi Emas Pesepakbola Terbaik Sepanjang Masa, Nomor 1 Timnas Prancis!

Cahyo Yulianto, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 51 2752357 5-negara-yang-punya-generasi-emas-pesepakbola-terbaik-sepanjang-masa-nomor-1-timnas-prancis-fJaczPqhHb.jpg 5 negara yang punya generasi emas pesepakbola terbaik sepanjang masa. (Foto: Reuters)

5 negara di dunia yang memiliki generasi emas pesepakbola terbaik sepanjang masa. Menjadi juara dunia dalam cabang olahraga sepakbola adalah impian dari setiap negara. Dari satu generasi ke generasi berikutnya, tim nasional setiap negara tentu ingin menjadi juara dunia.

Beberapa negara terkadang memiliki tahun-tahun saat para pemain sepakbola yang dimiliki sukses tampil gemilang di saat yang bersamaan. Meski generasi emas atau saat pemain bintang dalam satu negara sedang bersinar bersamaan, belum tentu menjamin tim nasionalnya menjadi juara dunia.

BACA JUGA: 3 Alasan Pep Guardiola Begitu Spesial di Dunia Sepakbola

Namun pada saat itu, negara dengan generasi emas akan menjadi momok menakutkan untuk dihadapi oleh timnas negara lain. Berikut adalah daftar negara yang memiliki generasi emas terbaik sepanjang masa.

5. Spanyol

Timnas Spanyol

Timnas dengan generasi emas terbaru adalah Timnas Spanyol. Pada 2012, Spanyol berhasil memenuhi hattrick gelar internasional setelah melibas Italia 4-0 di final Euro 2012.

Sebelumnya, Spanyol sudah meraih gelar Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Nama-nama terkenal seperti Iker Casillas, Carles Puyol, Sergio Ramos, Xavi, Iniesta, David Silva, dan masih banyak yang lainnya menghuni skuad kenyaan tim matador itu.

4. Belanda

Timnas Belanda

Timnas Belanda periode 1974 hingga 1978 juga disebut sebagai generasi emas Belanda. Meski belum berhasil menjadi juara dunia, Timnas Belanda generasi tersebut berhasil menembus 2 kali partai puncak Piala Dunia.

Generasi itu juga berhasil memperkenalkan pada dunia taktik total football dalam sepakbola. Johan Cruijff, Piet Keizer, Willem Van Hanegem, Johnny Repp, Rudd Kroll, dan Johan Neeskens adalah daftar nama yang menghuni skuad Belanda kala itu.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Hungaria

Timnas Hungaria

Hungaria disebut sebagai negara yang memperkenalkan seni sepakbola kepada dunia. Timnas Hungaria periode 1950 hingga 1956 adalah generasi emas yang dihuni banyak pemain hebat paling bersejarah.

Beberapa nama pemain bintang yang menghuni Timnas Hungaria kala itu adalah Ferenc Puskas, Laszlo Kubala dan Sandor Kocsis. Dari total 50 pertandingan di kurun waktu 1950-1956, Hungaria memperoleh 42 kemenangan, 7 hasil seri, dan hanya menelan 1 kekalahan.

Kemenangan tersebut termasuk kemenangan besar 6-0 dari Swedia, 3-0 dari Italia, 6-3 dan 7-1 dari Inggris, 8-3 dari Jerman Barat, 9-0 dari Korea Selatan, dan masih banyak yang lainnya.

Satu-satunya kekalahan Timnas Hungaria kala itu adalah saat final Piala Dunia 1954 oleh Jerman Barat. Pertandingan itu sampai disebut sebagai Miracle of Bern dan Hungaria disebut sebagai timnas terbaik yang tidak pernah meraih gelar juara dunia. Namun, generasi itu berhasil meraih juara di Olimpiade 1952.

2. Inggris

Timnas Inggris

Inggris terkenal menjadi negara penghasil pemain sepakbola bertalenta. Kompetisi di negara tersebut juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Timnas Inggris periode 2001 hingga 2008 adalah generasi emas terbaik. Nama-nama besar, seperti David Beckham, Wayne Rooney, Steven Gerrard, John Terry, Frank Lampard, dan lainnya menghuni skuad The Three Lions.

Saking banyaknya pemain top di Inggris kala itu, tidak sedikit juga pemain hebat yang tidak bisa membela tim nasional. Namun sayang, banyaknya pemain hebat dalam skuad Inggris tidak cukup membuat Inggris meraih satu pun gelar pada era itu.

1. Prancis

Timnas Prancis

Prancis pernah memiliki generasi emas tatkala berhasil mengawinkan trofi Piala Dunia dan trofi Euro. Skuad Prancis saat itu dihuni nama besar, seperti Zinedine Zidane, Thierry Henry, Didier Deschamps, Eric Cantona dan sebagainya.

Kemenangan paling bersejarah mereka adalah saat memenangkan partai final Piala Dunia 1998 melawan Brasil. Pasalnya, kala itu Brasil juga sedang memiliki generasi terbaiknya pula.

Itulah daftar 5 negara di dunia yang memiliki generasi emas pesepakbola terbaik sepanjang masa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini