Share

Menguak Sejarah Rivalitas AC Milan vs Inter Milan

Insan Kamil Rizqilillah, Okezone · Kamis 12 Januari 2023 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 47 2745314 menguak-sejarah-rivalitas-ac-milan-vs-inter-milan-mJnxmEl48A.jpg Marco Materazzi (kiri) Rui Costa saat terlibat di Derby Milan pada 2004-2005 (Foto: Reuters)

MENGUAK sejarah rivalitas AC Milan vs Inter Milan di kompetisi tanah Italia memang sangat menarik. AC Milan dan Inter Milan merupakan dua tim sekota, yang memiliki sejarah apik di persepakbolaan Italia.

Laga leduanya penuh rivalitas yang membara. Derby della Madonnina, merupakan sebutan dari laga terakbar tersebut. Dua tim yang sama-sama sukses tak hanya berbagi satu kota, tetapi juga menguasai stadion yang sama.

 AC Milan vs Inter Milan

Setiap musimnya, laga ini tentu dinanti-nantikan, baik itu di Liga Italia (Serie A) atau di kompetisi lainnya. Namun, derbi ini sesungguhnya tidak akan ada jika dulunya tidak terjadi sebuah perpecahan.

Pada awalnya, dahulu kota Milan hanya memiliki satu klub sepakbola, yakni AC Milan, yang terbentuk pada tahun 1899. Selama sembilan tahun, klub ini telah menjadi penguasa sepakbola di Milan.

Kemudian pada 1908, beberapa direksi mulai tidak sejalan dengan kebijakan dalam transfer klub. Mereka tidak setuju klubnya hanya mengandalkan para pemain lokal, tanpa menggunakan pemain luar. Hal inilah yang menimbulkan perpecahan serius.

BACA JUGA:Disingkirkan 10 Pemain Torino di Coppa Italia 2022-2023, Stefano Pioli Ungkap Penyebab AC Milan Tampil Buruk

Lantas beberapa orang dari Italia dan Swiss mendirikan sebuah klub yang bernama Internazionale Milan pada 9 Maret 1908. Nama-nama pemain besar dari seluruh dunia pun didatangkan demi memperkuat Inter. Sejarah rivalitas sekota yang berbeda haluan pun dimulai.

Follow Berita Okezone di Google News

Julukan dari laga terakbar di Serie A, Derby della Madonnina diambil dari nama patung Bunda Maria yang terdapat di bagian atas Katedral terkenal di Milan. Warga setempat menyebut patung tersebut dengan nama Madonnina yang dalam Bahasa Italia berarti ‘Madonna Kecil’.

AC Milan vs Inter Milan

Warga setempat juga tak hanya ingin mengenal patung tersebut sebagai simbol kota mereka saja. Namun, ingin mengabadikannya dalam bentuk pertandingan sepakbola paling sengit di seluruh dunia. 

Selanjutnya dalam derby ini muncul nama Baresi bersaudara. Franco Baresi ada di pihak AC Milan. Sementara itu, di Inter ada nama Giuseppe Baresi yang merupakan sang kakak yang menjadi kesayangan Interisti (fanas Inter Milan).

Dua bersaudara yang berbeda tim beradu dalam sebuah rivalitas. Secara profesional keduanya pun terpaksa harus saling mengalahkan. Tapi inilah salah satu daya tarik yang membuat derby kota mode ini semakin seru dan panas.   

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini