Share

5 Laga Adu Penalti Paling Fenomenal di Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Nomor 1 Belanda vs Argentina!

Hakiki Tertiari , Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 51 2724171 5-laga-adu-penalti-paling-fenomenal-di-sepanjang-sejarah-piala-dunia-nomor-1-belanda-vs-argentina-9hYKaMceWs.jpg Berikut 5 laga adu penalti paling fenomenal di sepanjang sejarah Piala Dunia (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 laga adu penalti paling fenomenal di sepanjang Piala Dunia akan diulas dalam artikel ini. Babak adu penalti dalam Piala Dunia biasanya terjadi di pertandingan fase gugur, jika kedua tim bermain imbang sepanjang waktu normal plus babak tambahan waktu.

Mengenai babak adu penalti, ternyata ada sejumlah fakta menarik yang layak dikulik. Salah satunya adalah soal laga adu penalti fenomenal sepanjang sejarah Piala Dunia. Lantas, laga adu penalti apa saja yang paling fenomenal?

Berikut 5 laga adu penalti paling fenomenal di sepanjang sejarah Piala Dunia

5. Brasil vs Italia di Piala Dunia 1994

Brasil vs Italia 2014

5 laga adu penalti paling fenomenal di sepanjang sejarah Piala Dunia dimulai antara Brasil vs Italia. Itu terjadi di Piala Dunia 1994.

Setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal, laga Brasil vs Italia harus dilanjutka ke babak adu penalti. Sayangnya, Italia harus menyerah dari Brasil dengan skor 2-3. Tembakan Roberto Baggio melambung jauh dan gagal membawa Italia menang atas Brasil.

4. Portugal vs Inggris di Piala Dunia 2006

Portugal vs Inggris Piala Dunia 2006

Selanjutnya ada laga Portugal vs Inggris di Piala Dunia 2006. Saat itu, kedua tim bersua di perempatfinal. Pertandingan berkahir imbang tanpa gol dan harus berlanjut ke babak adu penalti.

Menariknya, kiper Portugal saat itu, Ricardo Pereira mampu menepis tiga algojo Inggris. Portual pun berhasil menang 3-1 dan berhak lolos ke semifinal Piala Dunia 2006.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Korea Selatan vs Spanyol di Piala Dunia 2002

Korea Selatan vs Spanyol

Berjumpa di babak perempatfinal Piala Dunia 2002, Spanyol harus bertekuk lutut di hadapan Korea Selatan. Ketika itu pertandingan berakhir tanpa gol.

Laga sengit itupun berlanjut ke babak adu penalti. Korea Selatan yang berlaga sebagai tuan rumah, mendapat dukungan penuh dari suporternya. Tak ayal, Korea Selatan pun mampu menyudahi pertandingan dengan skor 5-3 kontra Spanyol dan berhak melaju ke semifinal Piala Dunia 2002.

2. Italia vs Prancis di Piala Dunia 2006

Italia vs Prancis Piala Dunia 2006

Selanjutnya ada laga Italia vs Prancis di Piala Dunia 2006. Pertandingan ini berlangsung dalam tensi yang panas.

Bagaimana tidak, tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi begitu fenonemal bagi pencinta sepakbola dunia. Selain itu, pertandingan yang berakhir 1-1 ini, harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Italia mampu menang 5-3 atas Prancis. Hasil itu membuat Italia menyabet trofi Piala Dunianya yang keempat di tahun 2006.

1. Belanda vs Argentina di Piala Dunia 2014

Belanda vs Argentina

Langkah Belanda ke final Piala Duna 2014 pupus di tangan Argentina. Hal itu dipastikan usai Der Oranje (julukan Belanda) menyerah 2-4 di babak adu penalti, setelah kedua tim imbang 0-0 selama 120 menit.

Kekalahan itu sangat membekas bagi Belanda, lantaran gagal ke final Piala Dunia 2014. Sebab demikian, aroma balas dendam menyelimuti Belanda atas Argentina.

Mereka pun berkesempatan menebus kekalahan itu. Pasalnya, Belanda bakal kembali bersua Argentina di laga perempatfinal Piala Dunia 2022, yang berlangsung Sabtu 10 Desember 2022 dini hari pukul 02.00 WIB.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini