Share

Alasan Kenapa Pemain Bola Suka Makan dan Mengunyah Permen Karet saat Bertanding

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 51 2724153 alasan-kenapa-pemain-bola-suka-makan-dan-mengunyah-permen-karet-saat-bertanding-h8KxLGEgOR.JPG Alasan Kenapa Pemain Bola Suka Makan dan Mengunyah Permen Karet saat Bertanding, (Foto: Reuters)

ALASAN kenapa pemain bola suka makan dan mengunyah permen karet saat bertanding menarik untuk dibahas. Ternyata mengunyah permen karet memiliki manfaat bagi atlet sepakbola.

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain sepakbola yang kerap kedapatan mengunyah permen karet. Megabintang Timnas Portugal itu bahkan kedapatan ini mengunyah permen karet kala bermain kontra Ghana di Piala Dunia 2022.

Di tengah lapangan, Cristiano Ronaldo merogoh saku untuk mengambil sesuatu di dalam celananya. Cristiano Ronaldo kemudian memasukan benda seperti permen karet ke dalam mulutnya.

Tak hanya Ronaldo, ada banyak pesepakbola memilih mengunyah permen karet saat bertanding. Lantas apa alasan utamanya mereka melakukan itu?

Ilustrasi permen karet

Alasan Kenapa Pemain Bola Suka Makan dan Mengunyah permen Karet Saat Sedang Bertanding

Ada alasan tersendiri kenapa pesepakbola mengunyah permen karet saat bertanding. Mengunyah permen karet memiliki manfaat kesehatan.

Kegiatan ini bagus untuk rahang, mengurangi rasa mulas, bahkan membakar kalori. Berdasarkan penelitian, mengunyah permen karet dapat mengurangi stress dan depresi.

Berdasarkan penelitian British Psychological Society, orang yang mengunyah permen karet mendapatkan skor 40% dalam tes memori.

Tekanan di lapangan membuat pemain bola sulit berkonsentrasi. Dengan mengunyah permen karet pesepakbola lebih rileks dalam memusatkan perhatian. Sehingga sang pemain juga dapat berpikir lebih cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Gerakan konstan rahang ketika mengunyah permen karet mengirimkan sinyal aktif ke otak. Aktivitas mental meningkat dan membuat otak tetap aktif, rileks, dan tajam. Keadaan rileks membantu membantu pesepakbola meningkatkan kewaspadaan.

Semakin rileks keadaan pesepakbola maka semakin cepat mereka mengambil keputusan. Tubuh mereka akan merespon lebih cepat untuk menentukan permainan.

Pesepakbola juga dapat berlari dan menggiring bola lebih cepat serta melompat lebih tinggi. Secara tidak langsung, mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan mereka.

Alexis Sanchez saat konsumsi permen karet

Alasan kenapa pemain bola suka makan dan mengunyah permen karet saat sedang bertanding adalah membantu metabolisme. Mengunyah sesuatu dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Semakin banyak darah mengalir ke otak, maka suplai oksigen ke otak akan meningkat. Tingkat stress pada otak dan tubuh akan akan berkurang. Rasa dan aroma permen karet juga dapat melepaskan hormon bahagia dan ketenangan.

Penelitian menunjukan bahwa mengunyah permen karet mengurangi kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon stress yang meningkat saat tubuh cemas atau gugup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini