Share

PSSI Gelar Diskusi soal Filanesia, Luis Milla dan Shin Tae-yong Ikut Serta!

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Kamis 08 Desember 2022 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 51 2723412 pssi-gelar-diskusi-soal-filanesia-luis-milla-dan-shin-tae-yong-ikut-serta-LJlPjg6Fks.jpg Shin Tae-yong (paling kanan) turut hadir secara virtual di acara diskusi Filanesia)

JAKARTA – Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), menggelar diskusi soal Filanesia (Filosofi Sepakbola Indonesia). Adapun diskusi itu berlangsung di Hotel Mercure, TB Simatupang, Jakarta pada Kamis (8/12/2022).

Dalam diskusi itu turut hadir sejumlah tokoh dari PSSI dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Bukan hanya itu, pelatih-pelatih ternama dari mulai Luis Milla, Bima Sakti hingga Shin Tae-yong, juga hadir, meski secara virtual.

Firman Utina

Untuk diketahui, PSSI bekerja sama dengan Kemenpora RI untuk menggelar seminar Filanesia. Kegiatan itu sudah berlangsung sejak Selasa, 6 Desember 2022 silam.

Filanesia sendiri sudah hilang tak terdengar sejak Luis Milla meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Padahal filosofi tersebut sempat gencar digaungkan agar sistem sepakbola Indonesia mempunyai pedoman yang jelas.

Kini, PSSI mencoba untuk menghidupkan filosofi yang telah cukup lama mati suri itu. Dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga 19 Desember 2022 itu, PSSI dan Kemenpora RI mendatangkan 16 narasumber kompeten yang sudah lama berkecimpung di sepakbola nasional.

Beberapa yang hadir pada acara itu deretan nama legenda Timnas Indonesia, sebut saja Bambang Pamungkas, Firman Utina, Ponaryo Astaman hingga Budi Sudarsono. Firman Utina, eks kapten Timnas Indonesia pun mengapresiasi langkah PSSI karena memberikan kesempatan kepada pelaku sepak bola untuk memberi saran dan masukan.

β€œIni sangat luar biasa, kami dilibatkan dalam workshop ini, untuk mengupgrade lagi Filanesia. Ini hal yang baik dan bagus, dimana kami bisa memberikan masukan untuk sepak bola Indonesia di masa depan,” kata Firman Utina dilansir laman resmi PSSI, Kamis (8/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Menariknya, seminar yang juga diisi agenda FGD itu juga dihadiri oleh pelatih-pelatih ternama. Eks pelatih Timnas Indonesia yang kini membesut Persib Bandung, Luis Milla juga ikut hadir secara virtual.

Diskusi Filanesia

Selain Luis Milla, pertemuan itu juga dihadiri oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan pelatih Timnas wanita, Rudy Eka Priyambada. Tak sampai di situ, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga hadir virtual dari Bali.

Hal itu diketahui lewat Instastory yang diunggah Direktur Teknik (Dirtek), Indra Sjafri melalui akun pribadinya. Mereka pun tampak cukup antusias.

β€œFGD upgrade kurikulum Filanesia dengan pelatih dan mantan pelatih Timnas @bimasakti_tukiman, @shintaeyong777, @luismilla, @rudyekapriyambadapro,” tulis caption pada instatory yang diunggah pada Kamis (8/12/2022).

Sekadar informasi, filanesia lahir pada 9 November 2017 silam. Filosofi tersebut pun tercantum di dalam buku Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia.

Tak hanya filosofi permainan, filanesia mengatur banyak hal, dari mulai pembinaan usia dini, pengembangan karakter pemain, penjenjangan latihan di lapangan hingga pengembangan teknik pemain. Filosofi tersebut diharapkan menjadi juru selamat yang memperbaiki sistem sepakbola Indonesia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini