Share

Alasan Kenapa Klub Arsenal Dijuluki The Gunners

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 45 2722311 alasan-kenapa-klub-arsenal-dijuluki-the-gunners-5ENq8HVsIG.JPG Alasan kenapa Klub Arsenal Dijuluki The Gunners. (Foto: Reuters)

ALASAN kenapa klub Arsenal dijuluki The Gunners patut disimak, terutama bila Anda fans Arsenal. Julukan klub telah menjadi bagian dari budaya dari sepakbola.

Setiap tim akan mendapat julukan yang melekat, salah satunya klub yang sedang berada di jalur perburuan juara Liga Inggris 2022-2-23, yakni Arsenal.

Julukan The Gunners telah melekat kepada klub asal London tersebut, lantas kenapa Arsenal dijuluki The Gunners? Simak selengkapnya di artikel Okezone.com berikut ini.

Arsenal

Pada awalnya Arsenal dibangun oleh pekerja pabrik amunisi militer yakni dari pabrik persenjataan Royal Arsenal di Woolwich.

Pabrik Royal Arsenal memproduksikan amunisi pasukan senjata, seperti artileri dan senapan ringan, serta bahan-bahan peledak.

Julukan tersebut juga menjadi aksesoris di lambang kebesaran klub sepakbola Arsenal yang terkenal dengan gambar meriamnya. Pada awalnya versi logo dari Arsenal juga menyertakan kata-kata The Gunners.

Follow Berita Okezone di Google News

Meriam itu telah menjadi fitur menonjol dari lambang Arsenal sejak 1888 dan didasarkan pada lambang wilayah Woolwich.

Kemudian pindah dari Woolwich ke Highbury pada 1913, Arsenal tetap mempertahankan nama ikonografi mereka, sekalipun terkadang logo diubah.

Fans Tottenham Hotspur juga menyebut istilah The Gooners (julukan plesetan) untuk menghina pendukung Arsenal, tetapi pendukung Arsenal justru senang menggunakanya.

Arsenal

Gerombolan hooligan –geng pendukung fans fanatik- sangat umum di sepakbola Inggris selama tahun 1970 -1980-an, salah satunya terdapat pendukung Arsenal yang dikenal sebagai The goon Squad atau The Gooners.

Namun julukan The Gooners tidak ada konotasi kekerasan lagi. Julukan lain Arsenal digunakan oleh pendukung rival, seperti ‘Boring, Boring Arsenal’, yang merujuk pada gaya sepakbola yang dimainkan klub selama periode George Graham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini