Share

5 Penyebab Timnas Spanyol Kalah 1-2 dari Jepang di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Menghindari Brasil

Reinaldy Darius, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719000 5-penyebab-timnas-spanyol-kalah-1-2-dari-jepang-di-piala-dunia-2022-nomor-1-menghindari-brasil-LcQjkeeRQf.JPG Timnas Spanyol kalah dari Jepang dan tetap lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

SEBANYAK 5 penyebab Timnas Spanyol kalah 1-2 dari Jepang di Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya mungkin untuk menghindari Brasil.

Samurai Biru – julukan Timnas Jepang – secara mengejutkan keluar sebagai juara Grup E. Mereka meraih enam poin berkat dua kemenangan yang sangat tak diduga atas Spanyol dan Jerman. Keduanya dengan skor 2-1.

Timnas Jepang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Spanyol bisa kalah 1-2 dalam pertandingan kontra Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari tadi WIB. Apa sajakah itu? Silakan simak pembahasan berikut ini.

Berikut 5 Penyebab Timnas Spanyol Kalah 1-2 dari Jepang di Piala Dunia 2022

5. Spanyol Menahan Diri

Timnas Jepang vs Timnas Spanyol

La Furia Roja – julukan Timnas Spanyol – tetap lolos meskipun hanya meraih empat poin dari tiga laga. Kemenangan telak 7-0 atas Kosta Rika di pekan pembuka nyatanya sangat berpengaruh.

Mereka sama sekali tidak risau ketika Jerman unggul atas Kosta Rika. Sebab Jerman perlu menang dengan skor fantastis untuk mengalahkan selisih gol Spanyol. Itu mungkin yang menyebabkan skuad asuhan Luis Enrique menahan diri di saat-saat terakhir demi menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti cedera pemain.

4. Faktor Hajime Moriyasu

Hajime Moriyasu

Hajime Moriyasu telah membuktikan bahwa dirinya bukanlah pelatih sembarangan. Taktik bertahannya telah lebih dulu menenggelamkan Jerman dengan skor 2-1.

Para pemain Jepang pun tampil dengan luar biasa karena disiplin dalam menjaga pertahanan mereka. Selain kejeniusan Hajime Moriyasu, kedisplinan tersebut juga sangat memainkan peranan penting.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Permainan Efektif Jepang

Timnas Jepang

Selain disiplin bertahan, Jepang juga nyatanya sangat mematikan dalam menyerang. Mereka mengakhiri babak pertama dengan ketertinggalan satu gol namun sama sekali tak membuang peluang ketika itu tiba.

Terbukti, dua gol Jepang yang dicatatkan ke gawang Unai Simon hanya terpaut tiga menit. Ritsu Doan menyamakan skor pada menit ke-48, dan Ao Tanaka membalikkan kedudukan pada menit ke-51.

2. Gol Kontroversial

Gol kontroversial Jepang

Faktor gol kontroversial tak bisa disangkal merupakan penentu hasil akhir dalam pertandingan kontra Jepang. Gol kemenangan Jepang yang dilesakkan oleh Ao Tanaka diperdebatkan di media sosial seusai pertandingan.

Sebelum diselesaikan oleh Tanaka, bola terlihat sempat keluar sedikit dari lapangan. Umpan dari Kaoru Mitoma kemudian disambar oleh Tanaka yang menjadi gol kemenangan dalam laga ini.

Tayangan ulang memperlihatkan adanya kemungkinan bola keluar dari arena permainan. Namun, wasit dan para pemantau di ruangan VAR memutuskan bahwa gol tersebut adalah sah.

1. Menghindari Lawan yang Lebih Berat

Timnas Brasil

Ada kemungkinan pula bahwa selain menahan diri, Spanyol tidak mau menghadapi lawan yang lebih berat. Jika lolos sebagai juara Grup E, maka mereka akan menghadapi Kroasia di babak 16 besar dan kemungkinan besar Brasil jika mampu melenggang ke perempatfinal.

Sedangkan dalam situasi ini, Spanyol akan menghadapi Maroko di 16 besar. Jika mampu lolos ke perempatfinal, La Furia Roja kemungkinan akan menghadapi Portugal atau salah satu di antara Swiss, Serbia, dan Kamerun. Tentu, itu jauh lebih baik ketimbang menghadapi Brasil.

Masih ada kemungkinan Brasil masuk ke jalur Spanyol jika jadi runner-up Grup G. Namun hal itu cukup sulit terjadi, terkecuali Swiss menang dengan margin tiga gol dan Brasil kalah dari Kamerun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini