Share

2 Tahun Lebih Tangani Skuad Garuda, Shin Tae-yong Mulai Jago Bahasa Indonesia

Muammar Yahya Herdana, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 51 2718690 2-tahun-lebih-tangani-skuad-garuda-shin-tae-yong-mulai-jago-bahasa-indonesia-xvaZEYufVc.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

GIANYAR – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong sudah lebih dari dua tahun menangani skuad Garuda. Dari perjalanan yang cukup panjang itu, Shin Tae-yong pun dikabarkan sudah mulai fasih berbahasa Indonesia.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia saat ini sedang melakukan pemusatan latihan (TC) di Gianyar, Bali. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Skuad Garuda bersaing di ajang Piala AFF 2022.

PSSI pun mengunggah latihan yang dilakukan Timnas Indonesia di Kanal YouTube resmui mereka, pada Rabu 30 November 2022. Dalam kesempatan tersebut, Shin Tae-yong pun beberapa kali berbicara menggunakan bahasa Indonesia.

Shin Tae-yong

Sejatinya pelatih berusia 52 tahun itu masih sering menggunakan bahasa Korea saat memberikan instruksi latihan. Namun, Shin Tae-yong terdengar menggunakan bahasa Indonesia beberapa kali, yang membuktikan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu terus belajar.

Pada saat melakukan latihan taktik, Shin Tae-yong terlihat meminta bola dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal tersebut sangat berbeda ketika dirinya baru melatih Timnas Indonesia yang selalu menggunakan bahasa Korea.

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak hanya itu, selepas melakukan latihan, Timnas Shin Tae-yong juga melontarkan kata-kata berbahasa Indonesia untuk terus membangkitkan semangat anak asuhnya. Setelahnya, mereka pun mengakhiri latihan dengan melakukan tos ke udara.

Shin Tae-yong

“Indonesia jaya, Indonesia jaya, Indonesia jaya,” teriak Shin Tae-yong yang diikuti oleh seluruh anak asuhnya.

Sebagai informasi, Piala AFF 2022 akan dilangsungkan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini