Share

Ini Penyebab Pemain Timnas Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan saat Hadapi Inggris di Piala Dunia 2022

Andika Rachmansyah, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712235 ini-penyebab-pemain-timnas-iran-tolak-nyanyikan-lagu-kebangsaan-saat-hadapi-inggris-di-piala-dunia-2022-S3j0M3ptfC.JPG Para pemain Iran tak ikut nyanyikan lagu kebangsaan sebagai bentuk protes terhadap negara mereka. (Foto: Reuters)

DOHA – Ada hal menarik terjadi saat laga Tim Nasional (Timnas) Inggris vs Iran ingin berlangsung pada Senin 21 November 2022 malam WIB. Para pemain Iran terlihat tidak menyanyikan lagu kebangsaaan ketika pertandingan pertama Grup B Piala Dunia 2022 itu akan dimulai.

Lantas apa penyebab para pemain Iran menolak menyanyikan lagu kebangsaaan? Berdasarkan pernyataan kapten Timnas Iran, Ehsan Hajsafi, ternyata itu sebagai bentuk protes para pemain terhadap masalah yang sedang dialami negara mereka.

Untuk diketahui, gelombang protes di Iran jelang Piala Dunia 2022 memang sedang bergejolak. Adapun protes tersebut tentang kewajiban mengenakan jilbab yang diatur secara tegas oleh pemerintah.

Timnas Inggris vs Iran

Sebab, seorang wanita yang bernama Mahsa Amini berusia 22 tahun harus meregang nyawa pada September lalu. Amini meninggal tiga hari setelah penangkapannya atas dugaan pelanggaran peraturan berpakaian, termasuk kewajiban berjilbab.

Atas situasi tersebut, para pemain Timnas Iran terpantau tidak ada yang menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum laga melawan Inggris. Para pemain juga tidak ada yang melakukan selebrasi ketika dua gol bersarang ke gawang Inggris.

Hajsafi selaku kapten Timnas Iran mengungkapkan hal tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas atas gejolak yang sedang terjadi di Iran. Pemain berusia 32 tahun itu berharap, situasi di negaranya bisa segera kondusif.

“Kami harus menerima bahwa kondisi di negara kami tidak tepat dan rakyat kami tidak bahagia. Kami di sini, tapi bukan berarti kami tidak boleh menjadi suara mereka atau kami tidak boleh menghormati mereka,” kata Hajsafi, disadur dari USA Today, Selasa (22/11/2022).

“Apapun kita berasal dari mereka. Kita harus bertarung. Kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa dan mencetak gol dan mempersembahkan hasilnya kepada orang-orang yang berduka di Iran. Dan saya berharap kondisinya berubah sesuai dengan harapan masyarakat,” sambungnya.

Timnas Iran

Sementara itu, Timnas Iran dilumat habis-habisan oleh Inggris dengan skor 2-6 di laga tersebut. Pertandingan itu dilangsungkan di Stadion Internasional Khalifa, pada Senin 21 November 2022 malam WIB.

Selanjutnya, Iran akan menantang Wales di laga kedua Grup B Piala Dunia 2022. Laga yang dihelat Stadion Al Rayyan itu akan berlangsung pada Jumat 25 November 2022 pukul 17.00 WIB.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini