Share

Sambangi Kejari Kota Malang, Aremania Tuntut 4 Hal soal Pengusutan Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Avirista Midaada, Okezone · Senin 31 Oktober 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 49 2697868 sambangi-kejari-kota-malang-aremania-tuntut-4-hal-soal-pengusutan-tuntas-tragedi-kanjuruhan-zWYACKOdCA.jpg Aremania sampaikan empat tuntutan kepada Kejari Malang soal Tragedi Kanjuruhan (Foto: MPI/Avirista Midaada)

SAMBANGI Kejari Kota Malang, Aremania tuntut 4 hal soal pengusutan tuntas Tragedi Kanjuruhan. Pembacaan tuntutan ribuan Aremania – suporter Arema FC – itu diwakili oleh Ketua Tim Advokasi Korban Tragedi Kanjuruhan (Tatak), Imam Hidayat.

Pada Senin (31/10/2022), ribuan Aremania menyambangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang untuk menuntut keadilan soal Tragedi Kanjuruhan. Kepala Kejari Kota Malang, Edy Winarko, menjadi saksi dari pembacaan empat tuntutan tersebut.

Aremania

"Meminta Kejaksaan Tinggi bersikap adil dan memiliki tanggungjawab moral untuk dapatnya tersebut dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku. Melakukan penanganan perkara Tragedi Kanjuruhan yang menelan korban 135 jiwa dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku," demikian bunyi tuntutan Aremania yang dibacakan Imam Hidayat, Ketua Tim Advokasi Korban Tragedi Kanjuruhan (Tatak).

Tuntutan kedua yang dibaca Imam dengan memasukkan atau menerapkan Pasal 338 dan Pasal 340 KUHP terkait penyelesaian Tragedi Kanjuruhan. Di poin ketiga tuntutan Aremania meminta agar Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menolak atau mengembalikan berkas perkara yang disampaikan kepada penyidik Polda Jawa Timur karena tidak lengkap dan tidak seusai fakta hukum sebenarnya, atau diistilahkan menolak atau tidak melakukan P21 terhadap berkas perkara tragedi Kanjuruhan yang diserahkan oleh penyidik Polri.

"Poin keempat meminta Kejaksaan memastikan agar seluruh penyelenggara dan seluruh tenaga pengamanan yang terlibat langsung dalam melakukan penembakan gas air mata di Stadion Kanjuruhan untuk dapat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku," tutur Imam Hidayat, yang disambut teriakan dukungan dari Aremania yang melakukan aksinya di depan kantor Kejari Kota Malang.

Sebagai informasi, aksi demonstrasi ribuan Aremania masih berlangsung hingga pukul 12.10 WIB, Senin siang. Massa aksi bertahan di depan kantor Kejari Kota Malang sambil menunggu kepastian dari tim korps kejaksaan terkait tuntutan yang diajukan ke Kajati Jawa Timur.

 Aremania

Massa aksi bertahan di depan Jalan Simpang Panji Suroso yang membuat arus lalu lintas di belakang Terminal Arjosari lumpuh satu jalur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini