Share

Mengenal Pardedetex, Tim Sepakbola Bergengsi Pertama di Indonesia Asli Batak

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 11 Oktober 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 49 2685024 mengenal-pardedetex-tim-sepakbola-bergengsi-pertama-di-indonesia-asli-batak-cWQUUJtDnM.jpg Mengenal Pardedetex, tim sepakbola begengsi pertama di Indonesia asli batak (Foto: Shutterstock)

MENGENAL Pardedetex, tim sepakbola bergengsi pertama di Indonesia asli Batak akan menjadi informasi penting kali ini. Sepakbola selalu menjadi topik utama di bumi pertiwi Indonesia, setiap musim liga Indonesia bertanding, masyarakat pun menyambut dengan penuh suka cita.

Tak heran negara ini mendapat julukan negara pencinta sepakbola. Bangku penggemar sepak bola kerap kali penuh di setiap pertandingan. Tak jarang, penggemar sepak bola ricuh dan berselisih paham lantaran klub yang dibelanya kalah.

Dibalik duka dan suka cita sepak bola Indonesia, siapakah pelopor pertama kali sepakbola di Indonesia? Kali ini, Okezone mengajak anda untuk mengenal Pardedetex, tim sepakbola bergengsi pertama di Indonesia asli Batak.

Mengenal Pardedetex, Tim Sepak Bola Bergengsi Pertama di Indonesia Asli Batak

 BACA JUGA:5 Pemain Top yang Jarang Dimainkan Pada Musim 2022-2023, Nomor 1 Sudah Cetak 700 Gol!

Pardedetex menjadi klub sepakbola pertama di Indonesia. Klub yang digagas oleh Tumpal Dorianus Pardede ini berdiri pada tahun 1960 dan menjadi klub paling bergengsi.

Berdirinya Pardedetex tentu tak lepas dari kecintaan Tumpal Dorianus Pardede akan sepakbola. Jutawan Indonesia itu bahkan mampu merekrut dan menaturalisasi pemain asing demi menunjukan keseriusannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Tumpal Dorianus Pardede atau akrab disapa Pak Katua menempa anak asuhnya dengan serius. Meski terkesan keras, Pak Katua hanya ingin klub asuhannya maju menjadi klub terbaik di Indonesia.

Ilustrasi Bola

Tak ayal, kehadirannya membuat klub Pardedetex Medan memprakarsai munculnya klub sepakbola profesional lainnya.

Galatama dan Pardedetex Medan

Keikutsertaan Pardedetex dalam Galatama membuktikan klub asuhan Pak Katua menjadi klub terbaik di Indonesia. Dalam mempersiapkan Galatama, Pardedetex sampai merekrut pesepakbola terbaik di Indonesia dan menaturalisasi pemain asing.

Pemain Pardedetex bahkan digaji di atas pemain rata-rata. Klub besar Medan ini juga menyediakan fasilitas terbaik. Tak heran, Pardedetex Medan sangat disegani kala itu.

Walau bertabur bintang tidak serta-merta membuat Pardedetex memetik buah yang diinginkan. Sejak mentas di Galatama, Pardedetex belum menghasilkan apa-apa.

Pardedetex terlibat banyak kasus bahkan suap yang membuat klub ini akhirnya dibubarkan pada 1984. Alasan lain Pardedetex memilih hengkang dari dunia sepak bola karena anak Pak Katua sedang sakit. Waktu Pak Katua PUN dihabiskan untuk merawat anaknya.

Diakhir kejayaannya, Pardedetex dan Galatama menjadi sejarah lahirnya berbagai klub profesional di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini