Share

Cerita Sugimin Hidayatullah, Pesepakbola asal Bantaran Sungai Ciliwung yang Dikontrak Real Madrid

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 51 2680444 cerita-sugimin-hidayatullah-pesepakbola-asal-bantaran-sungai-ciliwung-yang-dikontrak-real-madrid-E2uIVW21mA.jpg Cerita Sugimin Hidayatullah, pesepakbola asal sungai Ciliwung yang dikontrak Real Madrid. (Foto: REUTERS/Andreas Comas)

CERITA Sugimin Hidayatullah, pesepakbola asal bantaran Sungai Ciliwung yang dikontrak Real Madrid pada musim panas 2012 akan dibahas dalam artikel ini. Medio Juni 2012, pelatih Real Madrid saat itu, Jose Mourinho, datang ke Indonesia, tepatnya Jakarta.

Jose Mourinho datang bersama sang agen sekaligus sahabatnya, Jorge Mendes. Saat itu, salah satu agenda Jose Mourinho di Jakarta ialah menjadi komentator tamu di salah satu pertandingan Piala Eropa 2012 yang tayang di RCTI.

Jose Mourinho

(Jose Mourinho pernah kunjungi Jakarta pada 2012)

Namun, kehadiran juru taktik asal Portugal itu juga memunculkan isu lain. Sebab, kencang beredar di media sosial, Real Madrid selaku klub Jose Mourinho hendak mengontrak pesepakbola asal Indonesia bernama Sugimin Hidayatullah.

Salah satu pengamat sepakbola Tanah Air, Pangeran Siahaan, merupakan sosok yang memunculkan isu di atas. Ia mengatakan Sugimin Hidayatullah yang memiliki julukan El Piji itu bakal dikontrak Real Madrid seharga 7 juta euro.

Sugimin Hidayatullah

Namun, dalam kenyatannya, Sugimin Hidayatullah hanyalah sosok fiktif belaka. Isu ini sengaja dimunculkan Pangeran Siahaan karena kesal dengan terlalu berlebihannya media-media Indonesia ketika ada pesepakbola Tanah Air yang hendak menjalani trial bersama klub-klub Eropa.

Hanya saja, Pangeran Siahaan bukanlah orang pertama yang memunculkan hoax seorang pesepakbola di atas. Sebelumnya, jurnalis asal Irlandia, juga membuat karakter fiktif bernama Masal Bugduv.

Masal Bugduv sengaja dibuat karena jurnalis asal Irlandia itu kesal dengan biaya transfer yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Semenjak Roman Abramovich mengakuisisi Chelsea pada musim panas 2003, harga pemain memang melonjak drastis.

Roman Abramovich

(Roman Abramovich, rusak harga pasar pemain)

Puncaknya tentu terjadi saat ini. Pemain yang belum memiliki nama besar, tiba-tiba dihargai begitu tniggi. Contoh terbarunya Antony yang dibeli Manchester United dari Ajax Amsterdam senilai 100 juta euro atau sekira Rp1,5 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini