Share

Kisah Kurniawan Dwi Yulianto, Orang Indonesia Pertama yang Mendapatkan Tiket Pelatihan Sepak Bola ke Italia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 04 Oktober 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 51 2680061 kisah-kurniawan-dwi-yulianto-orang-indonesia-pertama-yang-mendapatkan-tiket-pelatihan-sepak-bola-ke-italia-ZFHleKRDd0.jpg Kisah Kurniawan Dwi Yulianto orang Indonesia pertama yang mendapatkan tiket pelatihan sepak bola ke Italia. (Foto: Instagram/@kurniawanqana)

KISAH Kurniawan Dwi Yulianto, orang Indonesia pertama yang mendapatkan tiket pelatihan sepak bola ke Italia menarik untuk dibahas. Sebuah usaha memang benar tidak akan mengkhianati hasil.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan sosok pemain sepakbola Indonesia yang paling fenomenal pada 1990-an. Kala itu, Kurni -sapaan akrabnya- mendapatkan tiket emas Primavera.

Kurniawan Dwi Yulianto

Kisah Kurniawan Dwi Yulianto, Orang Indonesia Pertama yang Mendapatkan Tiket Pelatihan Sepak Bola ke Italia

Primavera merupakan sebuah program pelatihan yang diperuntukkan bagi pemain muda Indonesia. Siapa saja yang terpilih nantinya akan dikirim ke Italia, setelah itu mereka akan disebar di beberapa klub Eropa.

Kala itu, Kurniawan Dwi Yulianto mengikuti beberapa tahapan seleksi. Dalam seleksi tersebut, Kurni harus menghadapi lebih dari 200 pemain hebat lainnya.

BACA JUGA: 5 Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Masa, Nomor 1 Jadi Asisten Pelatih Klub Italia

Siapa sangka, Kurniawan yang merupakan jebolan Diklat Ragunan berhasil menghadapi pemain jebolan Piala Soeratin. Padahal, sebelumnya, ia mengaku sudah pesimis.

Menurut Kurniawan, saat itu, pemain-pemain andalan Soeratin sudah terkenal dan kerap muncul di koran. Sementara itu yang dari Diklat Ragunan, ada empat orang belum pernah mengikuti kejuaraan satu pun.

Ketika game berlangsung, rupanya Kurniawan berhasil menunjukkan kualitas yang dimiliki, meski saat itu belum memiliki β€œnama”. Dia berhasil membubuhkan 4 gol pada pertandingan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Melihat potensi yang dimiliki Kurniawan, Danurwindo yang saat itu merupakan seorang asisten pelatih program Primavera langsung tertarik kepadanya. Danur memastikan Kurniawan akan lolos dan tembus ke Italia sejak seleksi tahap pertama.

Kurniawan mengaku langsung dipanggil oleh Danur. Danur menegaskan Kurniawan harus bermain dengan hati-hati dan jangan cedera. Sebab, Danur sudah yakin akan memberikannya tiket.

Kurniawan Dwi Yulianto

Bisa dibilang, Danur merupakan sosok di balik kesuksesan Kurniawan. Danur juga memberikan dia nomor punggung 10 dan tetap digunakan hingga akhir kariernya di lapangan hijau.

Sebagai informasi tambahan, setelah mentas dari program pelatihan Primavera, Kurniawan ditempatkan di Liga Italia bersama Sampdoria. Setelah itu, ia bergabung bersama FC Luzern, Swiss.

Sepulangnya dari Eropa, Kurniawan menjajal beberapa klub di Indonesia. Setelah gantung sepatu, KurniawaN melebarkan sayap sebagai pelatih.

Demikian Kisah Kurniawan Dwi Yulianto, Orang Indonesia Pertama yang Mendapatkan Tiket Pelatihan Sepak Bola ke Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini