Share

5 Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Masa, Nomor 1 Jadi Asisten Pelatih Klub Italia

Rina Anggraeni, Okezone · Jum'at 02 September 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 51 2659797 5-top-skor-timnas-indonesia-sepanjang-masa-nomor-1-jadi-asisten-pelatih-klub-italia-8eNWEbmKm7.jpg Berikut 5 top skor Timnas Indonesia sepanjang masa. (Foto: Instagram/@bepe20)

5 top skor Timnas Indonesia sepanjang masa menarik untuk diulas. Bagi penggemar berat sepakbola Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama pemain tersebut.

Dunia sepakbola Indonesia memang memiliki pemain dengan kemampuan mengolah bola bundar yang andal. Contohnya pada pemain Timnas Indonesia. Ada beberapa jajaran pemain yang pernah mencetak quattrick atau 4 gol dalam satu pertandingan.

Timnas Indonesia

BACA JUGA: Gara-Gara Gaji Tidak Dibayar Selama 5 Bulan, Pelatih Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Mundur

BACA JUGA: Prediksi Line Up Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Andalkan 7 Pemain Abdroad, Otomatis Juara?

Berikut 5 top skor Indonesia sepanjang masa yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

5. Rochy Melkiano Putiray

Rochy Melkiano Putiray adalah salah satu pemain andalan Timnas Indonesia. Dia membela skuad Garuda di periode 1991 hingga 2004.

Kinerja apik pun selalu berhasil ditunjukkan Rochy Melkiano Putiray. Dia tercatat berhasil mencetak 17 gol dari 41 permainan yang dimainkannya.

4. Soetjipto Soentoro

Nama Soetjipto Soentoro mungkin tidak terdengar akrab di kalangan fans Timnas Indonesia saat ini. Tapi, Soetjipto Soentoro menjadi salah satu nama yang ditakuti oleh para lawannya ketika bermain.

Soetjipto Soentoro bergabung bersama Timnas Indonesia sejak 1965 hingga 1970. Dia sukses menjadi pencetak gol terbanyak bagi Timnas Indonesia usai membukukan 57 gol dari 68 penampilan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan salah satu pesepakbola legenda Indonesia. Tidak hanya membela klub asal Indonesia, pria berusia 41 tahun itu juga pernah menjejakkan kariernya di klub asal Belanda dan Malaysia.

Striker kelahiran Getas itu pernah membela klub asal Belanda, EHC Norad, pada 2000 dengan status pinjaman, dan klub asal Malaysia, Selangor FA, pada 2005 hingga 2007. Pemain yang akrab dipanggil dengan sebutan Bepe itu mampu mencetak 49 gol dari 74 pertandingan yang diikutinya di klub luar negeri.

Karena itu, Bambang Pamungkas pernah keluar sebagai top skor Malaysia Premier League 2005, atau kasta kedua sepakbola Malaysia. Tak hanya di Malaysia Premier League, Bepe juga sempat menjadi top skor Piala FA Malaysia 2005.

Berkat kinerja ciamiknya di level klub, Bambang pun kerap jadi andalan Timnas Indonesia. Dia pun sukses tampil gacor kala membela skuad Garuda sehingga membukukan 36 gol dari 77 penampilannya.

2. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono

Lalu, ada nama Budi Sudarsono. Pemain berjuluk si Ular Phyton ini juga berhasil tampil ciamik selama membela Timnas Indonesia.

Budi berhasil membukukan 16 gol dari 46 penampilannya kala membela skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia. Tak ayal, nama pemain yang juga top skor di Piala AFF 2008 ini masuk daftar top skor Timnas Indonesia sepanjang masa.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto memiliki sepak terjang yang cukup banyak di klub sepakbola. Pria kelahiran Magelang itu melakukan debutnya bersama klub asal Swiss, FC Luzern, pada 1994-1995. Dirinya pun juga sempat berlaga di Liga Malaysia bersama Sarawak FA.

Kemampuannya untuk bersaing di luar negeri pun patut diacungi jempol. Kurniawan kini telah tercatat mampu mencetak 32 gol 43 pertandingan yang dirinya lakukan ketika membela klub di luar Indonesia.

Penampilan apik Kurniawan Dwi Yulianto tercipta bersama Sarawak FA pada 2005-2006. Saat itu, Kurniawan mengemas 29 gol hanya dari 32 penampilan!

Pria berusia 45 tahun itu pun juga pernah membela berbagai klub papan atas Indonesia sepanjang kariernya. Di Liga Indonesia, Kurniawan pernah membawa PSM Makassar juara Liga Indonesia 1999-2000 dan Persebaya Surabaya (2004).

Kala membela Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto pun tampil moncer. Dia berhasil mencetak 31 gol dari 60 penampilannya bersama Timnas Indonesia. Kurniawan juga menyabet STATUS pencetak gol terbanyak di Piala AFF.

Kini, Kurniawan Dwi Yulianto beralih karier ke dunia kepelatihan. Dia sekarang menjadi asisten pelatih Como FC. yang berkompetisi di Serie B atau divisi kedua Liga Italia. (DJI)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini