Share

Kisah Perjuangan Saddil Ramdani, Pernah Jual Jambu Mete demi Membeli Sepasang Sepatu

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 51 2679296 kisah-perjuangan-saddil-ramdani-pernah-jual-jambu-mete-demi-membeli-sepasang-sepatu-9mwpPq3EJn.jpg Kisah perjuangan Saddil Ramdani pernah jual jambu mete demi membeli sepasang sepatu. (Foto: Instagram/@saddilramdani)

KISAH perjuangan Saddil Ramdani pernah jual jambu mete demi membeli sepasang sepatu menarik untuk dibahas. Saddil Ramdani menjadi salah satu pemain sepakbola Indonesia yang diperhitungkan.

Kualitas bermain yang apik mengantarkan Saddil menjadi andalan Indra Sjafri saat masih menangani Timnas Indonesia U-19. Tak hanya itu, Luis Milla juga mengakui kemampuan Saddil dan memberikan kesempatan untuk berlaga bersama Timnas Indonesia U-23, sebelum dirinya hijrah ke Sabah FC.

Saddil Ramdani

Kini, Saddil juga kembali mendapat kepercayaan membela Timnas Indonesia senior di bawah asuhan Shin Tae-yong. Kinerjanya yang apik bahkan membantu Skuad Garuda menang 2 kali melawan Timnas Curacao di FIFA Matchday September 2022.

Sebelum menjadi pemain sepakbola profesional, Saddil Ramdani rupanya memiliki kehidupan yang sulit. Berikut kisah perjuangan Saddil Ramdani pernah jual jambu mete demi membeli sepasang sepatu.

Kisah Perjuangan Saddil Ramdani Pernah Jual Jambu Mete demi Membeli Sepasang Sepatu

Saddil Ramdani yang kini menjadi salah satu pemain muda yang diperhitungkan dalam jagat sepakbola, rupanya pernah mengalami kehidupan yang sulit. Saddil telah bersahabat dengan pahit getirnya masalah kehidupan sejak kecil.

Bermula saat ayah dan ibunya memutuskan berpisah di saat usia Saddil menginjak 10 tahun, ia sekeluarga harus hidup serba pas-pasan. Anak kedua dari tiga bersaudara ini tinggal bersama sang ibu yang berubah menjadi tulang punggung keluarga.

BACA JUGA: Balik ke Sabah FC, Saddil Ramdani Janji Bakal Perbaiki Fisik demi Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Pemain berusia 23 tahun ini juga mengaku tidak pernah mendapat uang jajan tiap kali berangkat sekolah. Ia juga tidak pernah merasa iri kepada teman-teman sebayanya yang bisa mendapatkan kemudahan dari orangtua mereka.

Meski hidup dengan kondisi ekonomi yang serba pas-pasan, rupanya hal itu tidak membuat Saddil patah semangat. Justru keadaan mendewasakannya dan menempanya untuk menjadi pemuda yang tangguh.

Suatu ketika, Saddil yang sejak kecil menggemari olahraga sepakbola tidak memiliki sepatu yang bagus untuk bermain. Melihat kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan bagi dirinya meminta sepatu baru, Saddil kemudian berusaha mencari pendapatan sendiri.

Ia mencari jambu mete untuk kemudian dijual. Hasil penjualan jambu mete ia gunakan untuk membeli sepasang sepatu bola.

“Kalau bisa dibilang, saya tumbuh besar karena lingkungan. Saya juga tidak seperti anak-anak lain yang kalau berangkat sekolah mendapat uang jajan,” kata Saddil, saat menjalani sesi wawancara bersama Malaysian Football League.

Saddil Ramdani

“Mungkin hal-hal seperti itu terasa kecil, tapi itu buat saya tumbuh menjadi seorang laki-laki yang kuat dan sadar dengan keadaan ekonomi keluarga,” sambungnya

Dari perjuangannya tersebut, Saddil kini bertransformasi menjadi seorang pemain sepakbola berbakat. Dia kerap dipertimbangkan di jagat sepakbola nasional.

Demikian Kisah Perjuangan Saddil Ramdani Pernah Jual Jambu Mete demi Membeli Sepasang Sepatu. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini