Share

Balik ke Sabah FC, Saddil Ramdani Janji Bakal Perbaiki Fisik demi Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677471 balik-ke-sabah-fc-saddil-ramdani-janji-bakal-perbaiki-fisik-demi-bantu-timnas-indonesia-juara-piala-aff-2022-VKfTMyQ3oB.jpg Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani. (Foto: Instagram/saddilramdanii)

JAKARTA - Penggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Saddil Ramdani berniat untuk meningkatkan kualitasnya bersama Sabah FC. Hal itu karena ia berjanji akan jauh lebih kuat sebelum tampil di ajang Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember mendatang.

Saddil selalu tampil dalam laga menghadapi Curacao pada FIFA Matchday September 2022. Di laga pertama yang berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api, pada Sabtu 27 September 2022, Saddil tampil sebagai supersub di babak kedua, Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2.

Sementara dalam kemenangan 2-1 Timnas Indonesia atas Curacao di laga kedua, Selasa 27 September 2022, Saddil tampil sejak menit awal. Namun pada laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor itu, Saddil digantikan oleh Muhammad Ferarri di menit 73.

Saddil Ramdani (kanan) bersama Marselino Ferdinan

Penampilan Saddil begitu apik lantaran kehadiranya memberikan lebih banyak opsi bagi Shin Tae-yong. Di laga kedua, Saddil ditempatkan di posisi sayap, sementara Witan Sulaeman yang berposisi natural sebagai sayap dipasang sebagai second striker.

Kendati demikian, Saddil enggan berpuas diri. Eks pemain Bhayangkara FC itu mengatakan bahwa fisiknya perlu ditingkatkan lagi.

“Masih banyak fisik yang harus saya tingkatkan karena saya juga kemarin masih belum fit fisik jadi saya harus fokus, saya harus banyak belajar lagi jadi apapun yang coach berikan, kita harus ikuti dan harus jauh lebih paham soal taktik yang disampaikan,” kata Saddil dikutip Kamis (29/9/2022).

Terlebih lagi, Saddil kerap tidak dijadikan pilihan utama Shin Tae-yong. Sebab di laga pertama dirinya memulai laga dari bangku cadangan.

Menurut Saddil, kekurangannya terletak pada fisiknya yang belum cukup kuat. Oleh sebab itu, Saddil berjanji akan lebih kuat lagi di Piala AFF 2022 nanti.

“Ya gimana ya karena mungkin itu (fisik) persoalan saya juga ya, saya harus banyak introspeksi diri karena yang menilai diri saya kan orang lain, bukan saya sendiri,” ujarnya.

Saddil Ramdani

“Tapi terima kasih atas penilaiannya semoga kedepannya saya jauh lebih baik untuk Timnas Indonesia, sebagai pemain pasti akan mengalami cedera, pasti akan mengalami penurunan,” tambahnya.

“Jadi bagaimana caranya mental kita, mindset kita untuk jauh lebih dewasa lagi, berpikir untuk bangkit dari keterpurukan dan yang pasti harus kerja keras dan tetap semangat,” imbuh Saddil.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam/Timor Leste. Turnamen itu akan dihelat pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini