Share

Segini Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Aturan Permainannya

Insan Kamil Rizqilillah, Okezone · Senin 19 September 2022 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 51 2670825 segini-ukuran-lapangan-sepak-bola-dan-aturan-permainannya-YcJPpQT48o.jpg Segini ukuran lapangan sepak bola dan aturan permainannya (Foto: Shutterstock)

SEGINI ukuran lapangan sepak bola dan aturan permainannya, akan dibahas Okezone. Sepak bola memiliki aturan yang berstandar internasional yang telah ditentukan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Sesuai ketentuan, panjang lapangan sepak bola minimum 100 meter dan memiliki ukuran maksimum 110 meter. Untuk lebar, lapangan sepak bola minimum 64 meter dan maksimal 75 meter. Selain itu, ukuran lingkaran tengah memiliki radius 9,15 meter dan ukuran kotak penalti sebesar 40,3 x 16,5 meter.

Segini Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Aturan Permainannya

(Ilustrasi lapangan sepak bola, foto: Wikipedia)

Lapangan sepak bola juga harus memiliki kesesuaian dan kenyamanan, mulai dari ukuran lapangan, jenis rumput, ukuran gawang, termasuk ukuran bola yang akan digunakan. Lapangan sepak bola biasanya menggunakan rumput alami. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan rumput sintetis dengan memiliki aturan ketinggian sekitar 25-30 milimeter.

Selain itu, sepak bola juga memiliki aturan dalam permainannya agar dapat berjalan dengan lancar, adil, tertib, dan terhindar dari kecurangan. Kedua tim yang sedang bertanding harus mentaati aturan tersebut. Berikut merupakan aturan dalam permainan sepak bola:

1. Ukuran bola pada peraturan resminya memiliki keliling bola tidak melebihi 70 cm dan tidak boleh kurang dari 68 cm.

2. Sepak bola memiliki aturan permainan dengan pemain yang berjumlah 11 pada kedua tim di atas lapangan.

3. Sepak bola juga memiliki aturan lama permainan, waktu normal permainan sepak bola yaitu 2x45 menit dan memiliki waktu istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

Segini Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Aturan Permainannya

(Ilustrasi lapangan sepak bola, foto: Shutterstock)

4. Pertandingan sepak bola dipimpin oleh sang pengadil lapangan atau biasa disebut wasit yang dibantudua asisten wasit dan dua hakim garis.

5. Tim yang mampu mencetak gol paling banyak akan menang. Gol tercipta dengan kondisi bola telah sepenuhnya masuk ke dalam gawang dengan secara sah dan tidak ada pelanggaran yang terjadi dalam prosesnya.

6. Sepak bola juga memiliki dua jenis kartu pelanggaran, yaitu kuning dan merah, keduanya juga memiliki perbedaan tergantung tindakannya. Ketika wasit mengeluarkan kartu kuning, itu adalah sebuah peringatan dan jika wasit mengeluarkan kartu merah, pemain harus meninggalkan lapangan.

7. Ketika terjadi pelanggaran, wasit akan memberikan tendangan bebas untuk tim yang dilanggar. Untuk tendangan bebas, posisi bola harus berada tepat di titik saat terjadinya pelanggaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini