Share

Jika Bima Sakti Tangani Timnas Indonesia U-19, Siapa yang Layak Besut Timnas Indonesia U-16?

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2648891 jika-bima-sakti-tangani-timnas-indonesia-u-19-siapa-yang-layak-besut-timnas-indonesia-u-16-IJY08ZFaJl.jpg Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. (Foto: PSSI)

PELATIH Bima Sakti disebut-sebut berpeluang menangani Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 usai berhasil mengantarkan timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Jika skenario itu benar-benar terjadi, maka siapa sosok yang layak membesut Timnas Indonesia U-16?

Bima Sakti saat ini menjadi sorotan karena berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022. Tak hanya sekadar juara saja, namun gaya bermain skuad Garuda Asia pun amat baik dan mendapatkan respons yang positif dari para pencinta sepakbola Tanah Air.

Tak heran jika Bima Sakti digadang-gadang akan segera naik level alias dengan menangani Timnas Indonesia U-19 yang saat ini dilatih oleh Shin Tae-yong. Namun, Bima Sakti tampaknya harus bersabar jika benar-benar ingin melatih tim berjuluk Garuda Nusantara tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti

Pasalnya PSSI sudah memerintahkan Shin Tae-yong untuk fokus melatih Timnas Indonesia U-19, setidaknya sampai Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 itu berakhir. Jika turnamen yang dilangsungkan di Indonesia itu berakhir, Bima Sakti bisa mengambil alih Timnas Indonesia U-19 dari tangan Shin Tae-yong.

Dengan skenario itu, Shin Tae-yong pun juga bisa fokus melatih Timnas Indonesia U-23 dan timnas senior. Jadi, masuknya Bima Sakti di Timnas Indonesia U-19 tampaknya akan menjadi solusi terbaik.

Kendati demikian, jika Bima Sakti pindah melatih ke Timnas Indonesia U-19, maka siapa juruk taktik yang nantinya bakal menangani skuad Garuda Asia. Beberapa nama lantas digadang-gadang siap menggantikan Bima Sakti, salah satunya adalah Indriyanto Nugroho dan Firmansyah.

Kedua nama tersebut saat ini adalah asisten pelatih Timnas Indonesia U-16. Jadi, ada peran kedua nama tersebut yang membantu Bima Sakti dalam mengantarkan skuad Garuda Asia juara Piala AFF U-16 2022.

Baik Indriyanto dan Firmansyah saling bahu membahu dengan Bima Sakti agar Timnas Indonesia U-16 bisa tampil baik. Jika Bima Sakti nantinya melatih Timnas Indonesia U-16, maka salah satu dari Indriyanto dan Firmansyah bisa dipercaya untuk menjadi kepala pelatih selanjutnya.

Kurniawan Dwi Yulianto

Selain kedua asisten pelatih itu, ada juga nama Kurniawan Dwi Yulianto. Saat ini, Kurniawan sedang menjadi asisten pelatih di klub Serie B Liga Italia, yakni Como 1907.

Sebelumnya Kurniawan pun pernah merasakan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 pada 2019 dan bahkan ia juga pernah menjaba sebagai asisten pelatih timnas senior pada 2018 silam. Jadi, Kurniawan juga sudah memiliki pengalaman untuk disebut layak menangani Timnas Indonesia U-16 nantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini