Share

Strategi Parkir Bus Bournemouth Bikin Erling Haaland Mati Kutu, Ini Pembelaan Pep Guardiola

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Minggu 14 Agustus 2022 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 45 2647488 strategi-parkir-bus-bournemouth-bikin-erling-haaland-mati-kutu-ini-pembelaan-pep-guardiola-2hTZ8NDzMx.jpg Pep Guardiola membela Erling Haaland yang mati kutu saat menghadapi Bournemotuh. (Foto: situs resmi Man City)

TAKTIK parkir bus Bournemouth saat laga kontra Manchester City, Sabtu 13 Agustus 2022 malam WIB pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022-2023 membuat Erling Haaland mati kutu. Soal itu, Pep Guardiola pun angkat bicara.

Meski Manchester City menang telak 4-0 atas Bournemouth, Erling Haaland benar-benar tidak bisa berbuat banyak. Pergerakannya terkunci oleh cara Bournemouth bertahan yang sangat dalam.

Erling Haaland

Erling Haaland mencetak dua gol pada debutnya pekan lalu kontra West Ham United. Akan tetapi, saat melawan The Cherries –julukan Bournemouth- ia tampil sangat buruk dan gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Striker asal Norwegia itu memang memberikan assist untuk gol pembuka yang ditorehkan Ilkay Gundogan. Akan tetapi, setelah itu ia tercatat hanya delapan kali menyentuh bola selama 73 menit berada di lapangan, dan salah satu operan itu adalah sepakan kick off.

Menurut Pep Guardiola, performa buruk penyerang anyarnya itu terjadi karena formasi 5-4-1 yang diterapkan Bournemouth membuatnya benar-benar terisolasi di lini depan. Pelatih asal Spanyol itu mengakui bahwa The Citizens –julukan Man City- kesulitan untuk mendapat rekrutan baru untuk menopang Haaland di lini depan, meski ia yakin bakal segera mendapatkannya.

“Pekerjaan paling sulit di dunia adalah ketika Anda sebagai striker dan bek bertahan di area seperti Bournemouth. Mereka memiliki tiga bek tengah dan dua pemain di depan bek tengah itu dan semua di dalam kotak penalti. Bagaimana Anda bisa bertahan seperti itu? Itu sangat sulit,” kata Pep Guardiola dilansir dari Independent, Minggu (14/8/2022).

Pep Guardiola

“Kami akan menemukan banyak pelajaran dari situasi ini, tetapi ini adalah masalah waktu: momen yang tepat, tempo yang tepat, dan gerakan yang tepat. Tetapi kami akan segera menemukan pemain berkualitas untuk membantu di belakangnya (Haaland). Saya tidak ragu tentang itu,” imbuhnya.

Setelah gol pembuka Ilkay Gundogan, Manchester City berhasil menambah dua gol lainnya di babak pertama lewat Kevin De Bruyne dan Phil Foden. Kemudian, kemenangan mereka ditutup dengan gol bunuh diri Jefferson Lerma di menit-menit akhir babak kedua.

Dengan hasil tersebut, Jack Grealish dan kolega untuk sementara naik ke puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Selanjutnya, pekan depan mereka bakal bertandang ke St. James Park untuk bertemu dengan Newcastle United dalam laga pekan ketiga Liga Inggris 2022-2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini