Share

Ini Cara yang Dilakukan Timnas Indonesia U-16 untuk Hancurkan Taktik Parkir Bus Myanmar di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 51 2645717 ini-cara-yang-dilakukan-timnas-indonesia-u-16-untuk-hancurkan-taktik-parkir-bus-myanmar-di-semifinal-piala-aff-u-16-2022-9InIIlMpBn.jpg Suasana laga Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16. (Foto: Twitter/AFFPresse)

SLEMAN - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti membongkar rahasia untuk menghancurkan taktik parkir bur Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022, pada Rabu 10 Agustus 2022 malam WIB. Menurut pemaparannya, Timnas Indonesia U-16 harus mengurangi pemain belakang dan menaruhnya di depan agar bisa menambah daya gedor.

Seperti yang diketahui, taktik ekstra reaktif yan diterapkan Myanmar U-16 membuahkan hasil di babak pertama. Tim berjuluk Young Asian Lions berhasil memanfaatkan sedikit peluang menjadi gol dan mencuri keunggulan.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-16 kemudian berhasil memaksa laga berlanjut hingga adu penalti berkat gol penyeimbang dari tendangan bebas indah Riski Afrisal. Skuad Garuda Asia pun mengunci kemenangan dengan skor 5-4 melalui babak adu penalti.

Bima Sakti

Usai laga, Bima Sakti membeberkan strateginya dalam membongkar rapatnya parkir bus Myanmar U-16. Eks pelatih Timnas Indonesia senior itu mengatakan bahwa keputusannya mengubah mengubah formasi jelang babak kedua merupakan kunci untuk membuat Myanmar U-16 kelimpungan.

โ€œMereka tadi bermain kelihatan parkir bus ya di belakang, sehingga kita di babak pertama agak kesulitan menembus pertahanan mereka, bahkan kita tadi malah kecolongan, kalah 0-1 di babak pertama,โ€ kata Bima Sakti pada jumpa pers pascalaga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022).

โ€œTapi di babak kedua, kita komunikasi dengan pemain, ubah formasi juga, kita pakai tiga di belakang dan kita tambah striker dua di depan, alhamdulillah kita bisa cetak gol,โ€œ tambahnya.

Bima Sakti memasukan Ridho Al-Ikhsan, Figo Dennis dan Achmad Zidan di babak kedua. Pola serangan Timnas Indonesia U-16 lebih efektif usai masuknya tiga pemain tersebut.

Figo Dennis dan Achmad Zidan yang berposisi natural sebagai gelandang ditempatkan agak ke depan untuk membantu Nabil Asyura. Taktik tersebut membuat serangan Timnas Indonesia U-16 lebih eksplosif.

Sayangnya, upaya Figo Dennis berkali-kali diantisipasi penjaga gawang Myanmar U-16, Sai Thi. Tendangan salto Nabil Asyura juga sempat membentur mistar.

Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 (AFFPresse)

Kejeniusan Bima Sakti dalam mengubah skema permainan layak diacungi jempol. Diharapkan dirinya bisa mempersembahkan gelar juara untuk Timnas Indonesia U-16 di turnamen ini.

Pada final Piala AFF U-16 2022 nanti, Timnas Indonesia U-16 akan melawan Vietnam. Laga tersebut merupakan pertandingan ulangan karena sebelumnya kedua tim pernah berjumpa di fase grup, tepatnya di matchday terakhir Grup A.

Pada momen tersebut Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 atas Vietnam. Tentu diharapkan pada final nanti skuad Garuda Asia bisa mengulangi kesuksesan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini