Share

Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Pemain Timnas Indonesia U-19 Bergerak Bebas saat Lawan Filipina di Piala AFF U-19 2022

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Sabtu 09 Juli 2022 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 51 2626606 shin-tae-yong-ungkap-penyebab-pemain-timnas-indonesia-u-19-bergerak-bebas-saat-lawan-filipina-di-piala-aff-u-19-2022-1HRfX9wb6Z.jpg Shin Tae-yong ungkap alasan pemain Timnas Indonesia U-19 bergerak bebas ketika lawan Timnas Filipina U-19 (Foto: MNC Portal/Aldhi Chandra)

PERMAINAN Timnas Indonesia U-19 tampak berbeda ketika bersua Timnas Filipina U-19 di matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2022, Jumat, 8 Juli 2022. Mengenai hal tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong turut mengungkap penyebab utama bedanya permainan Timnas Indonesia U-19 semalam.

Shin Tae-yong sendiri memang ingin para pemainnya aktif mencari ruang, keluar dari posisi aslinya. Hal itu dilakukan agar permainan Timnas Indonesia U-19 bisa lebih berkembang dan tidak monoton ditebak oleh lawan.

Timnas Indonesia U-19

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 sukses mempermalukan Filipina dengan skor telak 5-1, pada laga yang berlangsung semalam. Sejatinya, Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-5-1, yang polanya kerap berubah-ubah tergantung situasi.

Alfriyanto Nico yang aslinya bermain di posisi penyerang sayap ditarik lebih ke belakang. Peran pemain Persija Jakarta itu terlihat condong ke posisi full-back. Selain Alfriyanto Nico, yang tidak bermain di posisi asli, pemain-pemain lainnya begitu aktif bergerak meninggalkan posisi asli.

Hal itu ternyata memang murni keinginan Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku senang jika para pemainnya aktif mencari ruang, tanpa disuapi instruksi dari tim pelatih.

“Itu murni merupakan taktik, tanpa posisi, mereka terus bergerak aktif mencari ruang, itu bagian dari taktik,” kata Shin Tae-yong pada jumpa pers pascalaga semalam.

Follow Berita Okezone di Google News

Shin Tae-yong kemudian mencontohkan dengan gelandangnya, Subhan Fajri. Menurut Shin Tae-yong, pemain Dewa United itu juga bisa dipasang sebagai bek sayap.

Timnas Indonesia U-19

“Sebagaimana dengan Subhan (Fajri), dia bisa juga dipasang di posisi bek sayap. Sebenarnya semua bisa, kecuali tiga pemain belakang,” tambahnya.

“Semua pemain bisa ganti posisi, jadi saya memang menginginkan para pemain bisa di berbagai posisi,” kelakarnya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas Myanmar U-19 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Pertandingan itu akan dihelat pada besok, Minggu 10 Juli 2022 malam pukul 20.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini