Share

5 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-19 Menang 5-1 atas Filipina di Piala AFF U-19 2022, Nomor 1 Pahlawan Kemenangan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 09 Juli 2022 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 51 2626604 5-kunci-sukses-timnas-indonesia-u-19-menang-5-1-atas-filipina-di-piala-aff-u-19-2022-nomor-1-pahlawan-kemenangan-wsYVC8i2yV.jpg Berikut 5 kunci sukses Timnas Indonesia U-19 kalahkan Filipina 5-1. (Foto: PSSI)

5 kunci sukses Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Filipina di Piala AFF U-19 2022 menarik dikulik. Sebab, Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19- sukses meraih kemenangan dalam laga tersebut yang menjaga asa mereka lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Ya, Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan telak dengan skor 5-1 dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat 8 Juli 2022 malam WIB. Kemenangan ini langsung membawa Indonesia naik ke peringkat 3 pada klasemen sementara Grup A.

BACA JUGA: Marselino Ferdinan Hadir di Sesi Latihan Timnas Indonesia U-19, Jelang Lawan Myanmar di Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia U-19 terpaut 2 poin dari Vietnam yang memuncaki klasemen dan Thailand yang mengekor di posisi kedua. Kini, menarik mengulik kunci sukses Timnas Indonesia U-19 dalam mengalahkan Filipina. Berikut 5 di antaranya.

BACA JUGA: Daftar Top Skor Piala AFF U-19 2022: Hokky Caraka Masih Teratas, Rabbani Tasnim Mengekor Usai Cetak Hattrick untuk Timnas Indonesia U-19

5. Kinerja Solid

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Filipina U-19. Foto: Aldhi Candra/MNC Portal Indonesia

Salah satu kunci sukses Timnas Indonesia U-19 adalah kinerja anak asuh Shin Tae-yong yang semakin solid kini. Terbukti, permainan Timnas Indonesia U-19 begitu cair ketika menghajar Filipina.

Padahal, sejumlah pemain unggulan tak diturunkan Shin Tae-yong di awal-awal laga. Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka diparkir. Ronaldo Kwateh sendiri baru bermain di babak kedua. Lalu, sang gelandang bintang, Marselino Ferdinan, harus absen karena cedera.

Namun, para pemain Timnas Indonesia U-19 tetap mampu bekerja apik. Bahkan, kala mereka bermain keluar dari posisi aslinya. Shin Tae-yong sendiri mengaku ingin para pemainnya aktif mencari ruang, tidak peduli di mana posisi asli mereka.

"Memang Marselino tidak akan bisa main untuk turnamen kali ini karena cedera, jadi saya berusaha mengubah mental pemain agar para pemain mengorbankan diri," uajr Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Itu saya tegaskan ke pemain. Para pemain pastinya berusaha dan tahu juga di tim kita sudah mulai menjadi satu. Ke depannya pasti ada perkembangan dan progres yang baik," sambungnya.

4. Nasihat Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Kunci sukses lainnya diungkap oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Subhan Fajri. Dia membeberkan ada nasihat jitu dari sang pelatih, Shin Tae-yong, yang disampaikan sebelum laga dimulai.

Kata-kata Shin Tae-yong ini tampaknya sudah membuat Subhan Fajri dkk lebih bersemangat dan termotivasi dalam berlaga. Diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu meminta para pemain bermain lepas.

"Kami diminta menikmati pertandingan. Kami memang diharapkan tetap fokus dalam laga itu," kata Subhan Fajri usai laga.

Subhan Fajri menjelaskan seluruh skema dari Shin Tae-yong pun bisa dijalankan dengan baik oleh para pemain. Hal tersebut dibuktikan dengan tambahan poin tiga tersebut

"Itu kenapa kami bisa cetak banyak gol," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Sukses Memanfaatkan Penampilan Kurang Baik dari Filipina

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Filipina U-19. Foto: Aldhi Candra/MNC Portal Indonesia

Timnas Filipina U-19 memang tampil kurang baik di Piala AFF U-19 2022. Dari laga perdana yang dijalani, mereka belum pernah meraih kemenangan.

Kelemahan Filipina ini pun berhasil dimanfaatkan armada Shin Tae-yong. Mereka sukses menambah penderitaan Filipina dengan meraih kemenangan telak 5-1.

2. Taktik Ciamik Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Filipina U-19. Foto: Aldhi Candra/MNC Portal Indonesia

Kunci sukses lainnya taktik ciamik dari Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu memutuskan melakukan banyak rotasi kala melawan Filipina. Sejatinya, keputusan Shin Tae-yong sempat membuat sejumlah pihak gelisah, termasuk Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Namun, Shin Tae-yong mampu membuktikan bahwa keputusannya sangat tepat. Banyak pemain yang bisa menjelma menjadi bintang dalam laga tersebut.

“Itu murni merupakan taktik, tanpa posisi, mereka terus bergerak aktif mencari ruang, itu bagian dari taktik,” kata Shin Tae-yong.

“Sebagaimana dengan Subhan (Fajri), dia bisa juga dipasang di posisi bek sayap. Sebenarnya semua bisa, kecuali tiga pemain belakang. Semua pemain bisa ganti posisi, jadi saya memang menginginkan para pemain bisa di berbagai posisi,” sambungnya.

"Jadi antisipasi fisik ya, untuk mempersiapkan laga berikutnya (menghadapi Myanmar), jadi hampir semua starting diganti. Jadi semua pemain yang bisa bermain untuk hari ini," jelas Shin Tae-yong.

1. Penampilan Luar Biasa Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim

Terakhir, kunci sukses kemenangan besar atas Fiipina terletak dari Rabbani Tasnim. Pemain yang satu ini memang jadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-19.

Bagaimana tidak, Rabbani sukses mencetak hattrick alias tiga gol. Dia membawa Garuda Nusantara membuka keunggulan lewat ketenangannya mengeksekusi tendangan penalti. Tak hanya sekali, Rabbani mencetak dua gol dari titik putih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini