Share

Piala AFF U-19 2022: Pelatih Timnas Thailand U-19 Waswas Timnas Indonesia U-19 Menang Telak atas Filipina 5-1

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Sabtu 09 Juli 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 51 2626461 piala-aff-u-19-2022-pelatih-timnas-thailand-u-19-waswas-timnas-indonesia-u-19-menang-telak-atas-filipina-5-1-fDFQHjhHsb.jpg Para pemain Timnas Indonesia U-19 kala melawan Filipina. (Foto: Instagram/@PSSI)

BEKASI – Pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia, waswas dengan penampilan Timnas Indonesia U-19 di 2 laga tersisa Grup A Piala AFF U-19 2022. Karena meyakini Timnas Indonesia U-19 akan berjuang keras mendapat hasil terbaik, Garcia menilai persaingan lolos ke semifinal akan menjadi lebih rumit dan merepotkan dari Grup A ini.

Ya, Timnas Indonesia U-19 sendiri benar berhasil mendulang hasil manis kala berhadapan dengan Filipina di laga keempat Grup A. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat 8 Juli 2022 malam WIB, armada Shin Tae-yong menang telak dengan skor 5-1.

Timnas Indonesia U-19

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 menghidupkan lagi asa untuk lolos ke semifinal. Timnas Indonesia U-19 pun kini berada di peringkat ketiga pada klasemen sementara Grup A, dengan koleksi delapan poin. Sementara Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 10 poin.

Oleh sebab itu, penentuan siapa yang lolos ke semifinal akan berlangsung hingga laga terakhir. Garcia selaku juru taktik Timnas Thailand U-19 kemudian berbicara soal peta persaingan di Grup A.

BACA JUGA: 2 Syarat Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022 sebagai Juara Grup A

Garcia mengatakan Timnas Indonesia U-19 amat merepotkan. Sebab menurutnya, pasukan Shin Tae-yong akan melakukan apa pun untuk bisa lolos ke partai semifinal.

“Kami tahu bahwa Indonesia akan mencoba memenangkan semuanya,” kata Garcia dengan singkat dalam jumpa pers usai membawa timnya mengalahkan Brunei Darussalam U-19 dengan skor 2-0.

BACA JUGA: Rabbani Tasnim Menggila di Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong Masih Butuh Samuel Silalahi Pemain yang Merumput di Liga Norwegia?

Meski masih berada di atas Timnas Indonesia U-19 pada papan klasemen sementara, perjuangan Thailand untuk lolos terbilang terjal. Sebab, mereka memiliki selisih gol paling buncit di antara kandidat semifinalis di Grup A.

Timnas Indonesia U-19 memiliki 11 selisih gol. Vietnam memiliki sembilan selisih gol. Sedangkan Thailand, mereka hanya memiliki enam selisih gol.

Jika tiga tim ini finis dengan jumlah 11 poin, perhitungan head to head tidak akan berlaku lagi. Sebab, skuad Garuda Nusantara sebelumnya bermain imbang dengan Vietnam dan Thailand.

Menanggapi hal itu, Garcia bertekad menutup babak penyisihan grup dengan hasil manis. Dirinya ingin mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan timnya selama ini.

Timnas Thailand U-19

“Tidak ada alasan, kami akan belajar dari kesalahan kami. Ya, kami sebenarnya berharap bisa mencetak lebih banyak gol (ke gawang Brunei Darussalam U-19),” ucapnya.

“Kami tidak mengambil keputusan yang baik ketika mengeksekusi peluang, kami harus bermain lebih sebagai tim, kami akan memperbaiki,” sambungnya.

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan melakoni laga terakhirnya di Grup A dengan menghadapi Myanmar. Laga ini akan dihelat pada Minggu 10 Juli 2022 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi.

Di saat bersamaan, Vietnam akan berhadapan dengan Thailand. Laga itu digelar di Stadion Madya, Senayan, pukul 20.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini