Share

Piala AFF U-19 2022: Soal Suar saat Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam, Ultras Garuda Indonesia Minta Maaf

Cikal Bintang, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 51 2622919 piala-aff-u-19-2022-soal-suar-saat-timnas-indonesia-u-19-vs-vietnam-ultras-garuda-indonesia-minta-maaf-37fpzb5YZE.jpeg Ultras Garuda Indonesia atas insiden suar dalam pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

JAKARTA โ€“ Nyala suar menghiasi pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19 pada matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022. Insiden itu terjadi jelang pertandingan berakhir.

Ultras Garuda Indonesia (UGI) pun meminta maaf terkait dengan insiden tersebut. Melalui surat, UGI menyatakan, insiden suar itu dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

Sebagaimana diketahui, nyala suar terlihat dari tribune selatan yang merupakan tempat UGI berkumpul. Alhasil, tindakan itu sempat mengganggu jalannya pertandingan karena asap pekat mengurung lapangan.

Pertandingan itu pun berakhir dengan skor 0-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 2 Juli 2022, malam WIB. Usai pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, pun menyayangkan insiden tersebut.

Bahkan, PSSI juga kecewa dengan tindakan yang dapat mengundang sanksi dari FIFA itu. Oleh sebab itu, UGI meminta maaf dan ikut menyayangkan insiden tersebut. Melalui surat, UGI menyampaikan poin-poin klarifikasi mereka sebagai berikut:

1. Insiden pembakaran flare tejadi oleh oknum yang masuk di tribune kami.

2. Sebelum pertandingan dimulai, jauh sebelumnya kami sudah memberikan pemberitahuan dan himbaun kepada anggota baik melalui pesan group WhatsApp maupun secara langsung sebelum match dimulai.

3. Saat terjadi pembakaran flare, kami langsung menindak oknum tersebut.

4. Korlap kami membantu pihak keamanan untuk mengamankan lokasi di pintu masuk dan men-swipping flare.

5. Bukti bahwa kami sangat koperatif membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan.

โ€œDengan ini, kami Ultras Garuda Indonesia memohon maaf dengan adanya insiden pembakaran flare oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di tribune kami,โ€ tulis UGI.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Diharapkan, insiden suar ini tidak terjadi pada pertandingan selanjutnya. Apalagi, Timnas Indonesia U-19 berstatus sebagai tuan rumah yang dapat perhatian lebih ketimbang peserta Piala AFF U-19 2022.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Brunei Darussalam. Pertandingan itu akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022), pukul 20.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini