Share

7 Legenda Pesepak Bola Indonesia yang Menjadi Saksi Hidup Perjalanan Timnas Indonesia, Ada Bambang Pamungkas hingga Kurniawan Dwi Yulianto

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 51 2622538 7-legenda-pesepak-bola-indonesia-yang-menjadi-saksi-hidup-perjalanan-timnas-indonesia-ada-bambang-pamungkas-hingga-kurniawan-dwi-yulianto-2erNgZiVwX.jpg Berikut 7 legenda pesepak bola Indonesia yang menjadi saksi hidup perjalanan Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@bepe20)

SEBANYAK 7 legenda pesepak bola Indonesia yang menjadi saksi hidup perjalanan Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Timnas Indonesia memang tengah megalami pasang surut dalam hal prestasi.

Namun, bukan berarti Timnas Indonesia tak pernah berkilau. Siapa sangka jika Timnas Indonesia dulunya dijuluki sebagai Macan Asia karena para pemain zaman dulu memang ditakuti di Asia.

Meski kini para legenda sepak bola Indonesia tersebut sudah tak bermain lagi, namun mereka akan terus dikenang. Lantas, siapa saja legenda sepak bola Timnas Indonesia yang dimaksud? Berikut 7 legenda pesepak bola Indonesia yang menjadi saksi hidup perjalanan Timnas Indonesia:

7. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Pesepak bola yang telah pensiun di tahun 2019 ini juga merupakan legenda tim Persija Jakarta. Pria yang akrab disapa Bepe ini telah mengoleksi 85 caps dan 37 gol bersama Timnas Indonesia.

Kala masih merumput, Bepe sukses membawa Timnas Indonesia menajdi runner up Piala AFF 2002, yang saat itu masih bernama Piala Tiger. Pemain asal Semarang ini dikenal karena memiliki kemampuan menyerang yang tajam serta kemampaunnya dalam menanduk bola.

6. Boaz Solossa

Boaz Solossa

Pria kelahiran Sorong, Papua, 16 Maret 1986, ini memiliki kemampuan bermain yang apik. Kala bermain di ajang Piala AFF 2004 (Piala Tiger 2004), Boaz Solossa berduet bersama Ilham Jaya Kesuma, yang dinilai sangat mematikan lawan.

Saat itu, Boaz Solossa bahkan dijuluki sebagai striker yang paling disegani di Asia. Sebab, Boaz Solossa dikenal mematikan dengan kecepatan, kelincahan, dan tajam dalam mencetak gol.

5. Peri Sandria

Peri Sandria

Selanjutnya, ada Peri Sandria, salah satu pemain yang berkontribusi dalam kemenangan Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 1991. Mantan pemain berposisi penyerang ini mempunyai kemampuan yang tajam dan berbahaya. Tak heran jika dirinya mampu memecahkan rekor gol sebanyak 34 gol dalam Liga Indonesia.

4. Robby Darwis

Robby Darwis

Bermain di periode 1987-1998, di era kejayaannya, Robby Darwis mampu menjadi pemain bek yang tangguh. Robby Darwis dikenal berani berduel satu lawan satu. Hal itu dikarenakan Roby Darwis memiliki postur yang cukup ideal untuk seorang bek.

3. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Sebelum menjalani karier sebagai pelatih, Fakri Husaini lebih dulu mencicipi kerasnya menjadi seorang pemain. Pada medio 90-an, Fakhri Husaini bermain sebagai playmaker di Timnas Indonesia. Fakhri Husaini dulu dikenal sebagai pemain dengan kemampuan menciptakan peluang melalui operan manjanya.

2. Aji Santoso

Aji Santoso

Nama Aji Santoso dianggap sebagai salah satu mantan bek kiri terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Kemampuan Aji Santoso memang tak diragukan lagi. Ia memiliki kecepatan yang hebat dalam melakukan umpan silang dan stamina yang bagus. Kini ia menjabat sebagai pelati Persebaya Surabaya.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Melalui proyek kerjasama PSSI dengan Italia di tahun 1993, membuat Kurniawan Dwi Yulianto mampu bermain apik di dua klun Eropa. Kurniawan Dwi Yulianto sempat bermain untuk Sampdoria (Italia) dan FC Luzern (Swiss).

Bukan hanya itu saja, karier Kurniawan Dwi Yulianto bersama Timnas Indonesia juga gemilang. Ia tercatat pernah menorehkan 33 gol dan 58 caps.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini