Share

10 Stadion Termegah di Indonesia, Nomor 1 Ada di Jakarta

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 49 2620049 10-stadion-termegah-di-indonesia-nomor-1-ada-di-jakarta-DxcxBUrhgb.jpg 10 Stadion Termegah di Indonesia. (Foto: Instagram/jakinstadium

10 Stadion termegah di Indonesia ini sering menjadi venue even olahraga populer. Bahkan satu di antaranya menjadi salah satu stadion sepakbola terbaik di dunia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang rakyatnya banyak menggemari pertandingan olahraga. Salah satunya adalah sepakbola. Tak heran jika hampir di setiap daerah memiliki klub sepak bolanya sendiri-sendiri dengan stadion kebanggaan.

Jadi, selain klub sepakbola, Indonesia juga memiliki beberapa stadion. Nah, berikut adalah 10 stadion termegah di Indonesia.

Berikut 10 Stadion Termegah di Indonesia:

1. Stadion Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Karno

Stadion yang telah berdiri sejak 1960 ini menjadi stadion terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di ibukota Jakarta dan mampu menampung sekitar 77,193 penonton.

Tak hanya itu saja, Gelora Bung Karno juga menjadi salah satu stadion terbaik di dunia. Tak heran jika stadion ini menjadi salah satu venue pertandingan penting, seperti Piala AFF, SEA Games, Pesta Olahraga Asia, dan lain-lain.

2. Jakarta International Stadium (JIS)

Jakarta International Stadium (Foto: Instagram/jakinsadium))

Stadion yang berlokasi di Jakarta Utara ini baru diresmikan pada 19 April 2022 lalu menjelang laga final International Youth Championship (IYC) 2021. SIJ mampu menampung 82.000 penonton dan menjadi rumah bagi tim Persija Jakarta.

3. Stadion Utama Palaran

Stadion Palaran

Kota Samarinda di Kalimantan Timur juga memiliki stadion yang megah. Stadion ini bernama Stadion Utama Palaran yang diresmikan apda tahun 2008. Daya tampung penontonnya mencapai 67.075.

4. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo

Memiliki kapasitas sebanyak 45.000 penonton, Stadion Gelora Bung Tomo ikut memeriahkan stadion termegah di Indonesia. Lokasinya berada di Surabaya, Jawa Timur. Praktis stadioon ini menjadi rumah bagi Persebaya Surabaya.

5. Stadion Harapan Bangsa

Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh juga masuk ke dalam daftar stadion termegah yang dimiliki Indonesia. Stadion ini diresmikan pada 1997 dan mampu menampung penonton hingga 45.000.

6. Stadion Jati Diri

Kota Semarang yang terkenal akan lumpianya ini juga tak mau kalah. Stadion Jati Diri yang ada di Semarang, Jawa Tengah, ini menjadi markas bagi PSIS Semarang. Berdiri sejak 1991, Stadion Jati Diri mampu menampung setidaknya 45.000 penonton.

7. Stadion Utama Riau

Stadion Riau

Dengan kapasitas 43.923 penonton, stadion ini masuk ke dalam jajaran stadion termegah yang dimiliki oleh Indonesia. Stadion Utama Riau berlokasi di Pekanbaru dan telah diresmikan sejak 2012 lalu.

8. Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan

Warga Malang tentu bangga dengan stadion yang satu ini. Stadion Kanjuruhan memiliki daya tampung yang cukup besar, yaitu 42.449 penonton. Tak heran jika stadion ini menajdi salah satu yang termegah di Indonesia.

9. Stadion Lukas Enembe

Stadion Lukas Enembe

Siapa yang tahu stadion ini? Stadion Lukas Enembe berada di tanah Papua, tepatnya di Jayapura. Stadion ini mampu menampung sekitar 40.263 penonton. Lukas Enembe merupakan salah satu kebanggaan rakyat Papua dan baru diresmikan pada tahun 2020 kemarin.

10. Stadion Jakabaring

Stadion Jakabaring

Satdion Jakabaring atau Gelora Sriwijaya berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Stadion megah ini mampu menampung setidaknya 23.000 orang.

Demikian 10 Stadion Termegah di Indonesia. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini