Share

Soal Jadwal Piala Dunia Klub 2022, FIFA Belum Putuskan Jadwal Resmi

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 51 2617063 soal-jadwal-piala-dunia-klub-2022-fifa-belum-putuskan-jadwal-resmi-HvnGGOjaoX.jpg Chelsea ketika juara Piala Dunia Klub 2021 (Foto: Reuters)

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) belum menentukan jadwal resmi Piala Dunia Klub 2022. Hal itu menyusul padatnya agenda akhir tahun ini, lantaran adanya Piala Dunia 2022 Qatar, yang dihelat mulai November hingga Desember 2022.

Sebagaimana diketahui, jadwal Piala Dunia tidak seperti biasanya. Piala Dunia tahun ini mengalami perubahan jadwal.

Piala Dunia Klub 2021

(Chelsea ketika juara Piala Dunia Klub 2021)

Jika biasanya Piala Dunia dihelat pada tengah tahun (Juni-Juli), untuk tahun ini, Piala Dunia bakal digelar pada akhir tahun. Hal itu diputuskan FIFA lantaran faktor cuaca tuan rumah (Qatar), yang baru memasuki musim panas.

Sebab demikian, FIFA menggeser jadwal Piala Dunia 2022 mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. Hal itu diambil karena bulan tersebut sudah masuk ke dalam musim dingin dan diharapkan para pemain bisa lebih sejuk ketika bertanding.

Di sisi lain, berubahnya jadwal Piala Dunia ini ternyata berpengaruh ke agenda lainnya. Salah satunya adalah jadwal Piala Dunia Klub tahun ini.

Sekadar informasi, Piala Dunia Klub lumrahnya dihelat pada akhir tahun, sekitar bulan Desember tiap tahunnya. Namun, dengan adanya Piala Dunia 2022, FIFA harus kembali mengatur jadwal tersebut.

Akan tetapi, jika merujuk pada penyelenggaraan Piala Dunia Klub dua tahun terakhir, FIFA menaruh jadwal pertandingan di bulan Februari. Ambil contoh ketika Piala Dunia Klub 2021 silam.

Real Madrid

(Real Madrid jadi wakil Eropa di Piala Dunia Klub 2022)

FIFA menggelar Piala Dunia Klub 2021 pada 3-12 Februari 2022. Ketika itu, Uni Emirat Arab dipercaya sebagai tuan rumah. Klub Inggris, Chelsea berhasil menjadi kampiun usai mengalahkan wakil Brasil, Palmeiras di final.

Kemudian, Piala Dunia Klub 2020. Saat itu Qatar dipercaya sebagi tuan rumah. Penyelenggaraan juga dilaksanakan pada 4-11 Februari 2021. Klub raksasa Jerman, Bayern Munich keluar sebagai juaranya.

Jika merujuk dari penyelenggaraan dua tahun terakhir, FIFA tampaknya akan menggeser Piala Dunia Klub ke awal tahun 2023. Akan tetapi, kembali lagi belum tahu pasti apakah pertimbangan itu akan diambil oleh FIFA.

Sebagai tambahan informasi, Piala Dunia Klub sendiri merupakan ajang pertemuan para juara dari kompetisi tertinggi dari enam konfederasi di dunia. Adapun keenam konfederasi itu adalah UEFA (Eropa), CONMEBOL (Amerika Selatan), CAF (Afrika), AFC (Asia), CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia), dan OCF (Oseania).

Untuk peserta Piala Dunia Klub 2022, sejumlah peserta sudah ambil bagian. Selain Real Madrid dari Eropa, baru ada wakil Afrika, Wydad Casablanca serta Seattle Sounders yang mewakili zona CONCACAF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini