Share

Hasil Final Piala Dunia Klub 2021: Kalahkan Palmeiras Lewat Drama Babak Tambahan, Chelsea Pastikan Gelar Juara

Tino Satrio, MNC Portal · Minggu 13 Februari 2022 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 51 2546395 hasil-final-piala-dunia-klub-2021-kalahkan-palmeiras-lewat-drama-babak-tambahan-chelsea-pastikan-gelar-juara-TQnUdgNaLp.JPG Selebrasi Kai Havertz usai mencetak gol penentu di laga Chelsea vs Palmeiras. (Foto: Reuters)

ABU DHABI – Chelsea memastikan diri menjadi juara Piala Dunia Klub 2021. Kemenangan itu diraih usai The Blues –julukan Chelsea– sukses mengatasi perlawanan wakil Brasil, Palmeiras di final dengan skor 2-1 pada Minggu (13/2/2022) dini hari WIB.

Gelar juara Piala Dunia Klub 2021 itu pun diraih susah payah oleh Chelsea. Terbukti mereka baru bisa memastikan kemenangan usai melewati drama babak tambahan.

Awalnya laga dilanjutkan ke babak tambahan lantaran Chelsea dan Palmeiras sama kuat 1-1 di waktu normal, yang mana gol The Blues ciptakan Romelu Lukaku di menit 55, sedangkan Alviverde –julukan Palmeiras– mampu membalas lewat tendangan penalti Raphael Veiga pada menit ke-64.

Lalu ketika di babak tambahan, Chelsea baru bisa mencetak gol kemenangan di menit 117. Adalah Kai Havertz yang menjadi pahlawan kemenangan Chelsea berkat gol penaltinya ke gawang Palmeiras.

Chelsea vs Palmeiras (Reuters)

Jalannya Pertandingan

Babak Tambahan

Bermain di Stadion Mohammed Bin Zayed, babak pertama langsung berjalan sengit sejak peluit pertandingan dibunyikan. Meski begitu, The Blues mampu menunjukkan dominasinya lewat permainan menyerangnya.

Ya, juru gedor yang mengandalkan kreatifitas Mason Mount dan Kai Havertz sudah berjalan sangat baik. Sayangnya, belum ada kiriman bola yang cukup manja untuk Romelu Lukaku.

Sebab demikian, tim asuhan Thomas Tuchel masih dihadapkan kebuntuan. Apalagi, Mason Mount yang harus ditarik dengan cepat menambah kesulitan mereka untuk membangun serangan.

Di sisi lain, kesulitan memecahkan kebuntuan itu lantaran Palmeiras bertahan cukup dalam. Tim besutan Abel Fernando lebih mengandalkan gaya parkir bus dan hanya mengandalkan serangan balik.

Hingga peluit jeda turun dibunyikan, tak ada gol yang bersarang. Tumpulnya lini serang kedua kubu membuat skor kaca mata alias 0-0 tetap terjaga hingga jeda babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Chelsea vs Palmeiras (Reuters)

Jalannya babak kedua berbeda jauh dari babak pertama. Kedua kubu menampilkan permainan dengan intensitas yang lebih tinggi lagi.

Chelsea yang terus menekan di babak pertama kembali menunjukkan dominasinya. Kali ini, serangan mereka lebih berbahaya dalam menciptakan peluang.

Alhasil kebuntuan pun mampu mereka pecahkan kebunuan lebih dulu. Romelu Lukaku akhirnya mendapatkan kiriman umpan yang manja lewat Hudson Odoi pada menit ke-55.

Kendati begitu, keadaan tersebut tak berlangsung lama. Keunggulan yang diciptakan oleh Lukaku tak mampu dipertahankan The Blues dengan baik, lantaran melakukan kesalahan yang sangat fatal.

Terdeteksi oleh VAR, Thiago Silva dinyatakan melakukan pelanggaran usai menyentuh bola dengan tangannya pada menit ke-62. Raphael Veiga yang menjadi algojo pun mampu menyamakan kedudukan lewat kesempatan emas tersebut.

Pertandingan pun menyisahkan kurang lebih 30 menit. Baik Tuchel ataupun Abel langsung melakukan rotasi pemain untuk mengubah jalannya laga. Sayangnya, upaya tersebut masih tak berbuah.

Skor 1-1 masih terjaga hingga babak kedua berakhir. Duel antara The Blues vs Palmeiras ini harus dilanjutkan ke babak tambahan, hingga 120 menit.

Babak Tambahan

Tak kenal lelah, Chelsea terus memberi gempuran hingga tambahan babak ini. Mereka nampak tak ingin laga memanjang hingga drama adu penalti.

Sialnya, gaya bertahan yang cukup dalam dari Palmeiras membuat Kai Havertz dan kolega terus dibuat frustasi. Serangan yang dibangun kerap kali termentahkan atau tertepis.

Menariknya, dewi keberuntungan nampak sudah berpihak kepada tim asuhan Thomas Tuchel. Mereka mendapat hadiah penalti usai tendanga Azpilicueta mengenai tangan Atuesta di kotak terlarang pada menit 115'.

 Chelsea vs Palmeiras (Reuters)

Kai Havertz yang maju sebagai algojo pun mampu bertugas dengan sangat baik. Ia mampu memecahkan kebuntuan sekaligus kembali membawa The Blues kembali unggul pada menit 117'.

Sisa waktu pun menyisahkan setidaknya sekita empat hingga lima menit lagi jika ditambah perpanjangan waktu. Waktu tersebut sangat lama bagi Chelsea, dan sangat cepat bagi Palmeiras.

Tim asal Brasil itu pun terus berupaya memanfaatkan sisa waktu yang ada. Sayangnya, mereka gagal dan harus melihat Chelsea mengangkat piala pada ajang yang sangat bergengsi ini.

Susunan Pemain

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Andreas Christensen (Sarr 90'), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Mateo Kovacic (Ziyech 90'), Callum Hudson-Odoi (Saul 77'); Mason Mount (Pulisic 31'), Kai Havertz; Romelu Lukaku (Werner 76').

Pelatih: Thomas Tuchel

Palmeiras (4-2-3-1): Weverton; Marcos Rocha (Deyverson 118'), Gustavo Gomez, Luan Garcia, Joaquin Piquerez; Danilo, Ze Rafael (Jailson 60'); Dudu, Raphael Veiga (Atuesta 78'), Gustavo Scarpa; Rony (Wesley 77').

Pelatih: Abel Fernando Moreira Ferreira

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini