Share

Sisa Laga Grup C Piala Presiden 2022 Pindah ke Stadion si Jalak Harupat, Kapolresta Bandung Minta Bobotoh Nonton dari Rumah

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 49 2614912 imbas-meninggalnya-2-bobotoh-sisa-laga-grup-c-piala-presiden-2022-pindah-ke-stadion-si-jalak-harupat-dan-tanpa-penonton-MLpCIKkZKj.jpg Laga Persib Bandung vs Bhayangkara FC bakal pindah ke Stadion si Jalak Harupat. (Foto: Instagram/Persib)

BANDUNG - Laga sisa Grup C Piala Presiden 2022 yang mempertemukan Persib Bandung vs Bhayangkara FC dan Bali United kontra Persebaya Surabaya dipastikan akan berlangsung di Stadion si Jalak Harupat. Pemindahan lokasi pertandingan yang awalnya ada di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu dikarenakan efek dari insiden meninggalnya dua bobotoh beberapa waktu yang lalu.

Pengalihan tempat tersebut diambil berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pihak kepolisian dan panitia penyelenggara (panpel) pertandingan. Dalam rapat juga disepakati bahwa dua laga dapat digelar di Stadion si Jalak Harupat dengan syarat tanpa dihadiri penonton.

"Intinya, hasil rapat disepakati bahwa pertandingan disetujui untuk dipindah ke Jalak Harupat hari ini dan besok, tapi pertandingan dilaksanakan tanpa penonton," tegas Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, Senin (20/6/2022).

Stadion si Jalak Harupat

Menurut Kusworo, untuk mengamankan jalannya dua laga tersebut, pihaknya menyiapkan sedikitnya 1.300 personel yang bakal ditempatkan di jalan raya hingga jalan tol untuk melakukan penghalauan penonton yang nekat mendekati Stadion SJH.

"Baik malam ini ataupun besok 1.300 (personel keamanan) ya. Kami perkuat di jalan raya, pintu tol untuk menghalau, dan di kawasan pintu masuk dan di pintu tribun," jelasnya.

Kusworo menegaskan, pihaknya tidak segan-segan menghalau penonton, termasuk Bonek yang nekat memasuki kawasan Stadion tanpa toleransi.

"Kami putar balikkan dan tidak akan ada toleransi untuk bisa masuk ke kawasan stadion," tegasnya.

Karenanya, Kusworo pun mengimbau masyarakat untuk menonton jalannya laga di rumah masing-masing melalui layar kaca dan tidak nekat datang ke stadion.

"Lebih baik persiapkan diri saja nonton di rumah atau dengan komunitasnya nobar di tempat masing-masing sesuai dengan kapasitas ruangan dengan PPKM levelnya masing-masing," tambahnya.

Pendukung Persib Bandung

Diketahui, PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sebagai pihak penyelenggara laga mengajukan surat rekomendasi menggelar pertandingan ke Polresta Bandung. Surat bernomor PAN/PEL-PP/VI-2022 itu ditandatangani oleh Komisaris PBB, Umuh Muchtar.

Sebelumnya, dua orang bobotoh tewas diduga terinjak-injak jelang laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA, Jumat 18 Juni 2022 malam. Insiden tersebut diduga terjadi akibat tingginya animo penonton yang ingin masuk stadion ditambah banyaknya penonton yang tidak mengantongi tiket.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini