Share

2 Bobotoh Meninggal Dunia, Menpora Zainudin Amali Minta PSSI dan PT LIB Lakukan Investigasi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 49 2614413 2-bobotoh-meninggal-dunia-menpora-zainudin-amali-minta-pssi-dan-pt-lib-lakukan-investigasi-iRWVX81PR7.jpg Menpora Zainudin Amali minta PSSI dan PT LIB investigasi meninggalnya 2 Bobotoh dalam pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022 (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, minta PSSI dan PT LIB melakukan investigasi atas meninggalnya dua orang Bobotoh, kelompok suporter Persib Bandung. Itu terjadi dalam pertandingan Persib vs Persebaya Surabaya pada matchday kedua Grup C Piala Presiden 2022.

Perlu diketahui, dua Bobotoh yang meninggal dunia bernama Ahmad Solihin asal Cibaduyut dan Sopiana Yusuf asal Bogor. Mereka dinyatakan meninggal dunia karena insiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat 18 Juni 2022.

Insiden di pintu masuk GBLA (Foto: Istimewa)

"Pertandingan di Solo saat pembukaan Piala Presiden 2022, meski penonton penuh memadati Stadion Manahan Solo, tetap tertib. Hingga pulang tidak terjadi apa-apa," kata Zainudin, dikutip dari Antara, Senin (20/6/2022).

Dia pun menyampaikan dukacita mendalam kepada keluarga korban. Menurutnya, kejadian nahas ini tidak terduga sama sekali.

"Memang hal yang tidak terduga. Saya mendapat laporan sementara dari PSSI tentang kapasitas Stadion GBLA dan sudah direncanakan oleh panitia sekitar 15.000 penonton (yang masuk stadion)," tutur Zainudin.

Namun, animo masyarakat yang luar biasa membuat penonton membludak. Semua ingin masuk ke stadion sehingga insiden buruk ini pun terjadi.

"Saya sudah meminta PSSI dan PT LIB untuk mengivestigasi mengapa hal itu terjadi. Kejadian itu sedang diinvestigasi dan segera dilaporkan kepada kami,” ungkap Zainudin.

Persib Bandung berduka (Foto: Twitter/@persib)

Dia akan berkoordinasi dengan polisi dan menyerahkan masalah ini sepenuhunya kepada PSSI dan LIB serta panitia penyelenggara di daerah. Dia meminta semua pihak sabar menunggu hasil investigasi PSSI dan LIB.

"Kita tunggu saja jangan menyimpulkan apa-apa dulu sebelum ada hasil investigasi yang lengkap dari PSSI dan LIB," pungkas Zainudin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini