Share

Gagal ke Perempatfinal Piala Presiden 2022, Persik Kediri Evaluasi Hal Penting Ini

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 03:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 49 2614404 gagal-ke-perempatfinal-piala-presiden-2022-persik-kediri-evaluasi-hal-penting-ini-YaWqPn5Urw.jpg Pelatih Persik Kediri, Javier Roca telah kantongi bahan evaluasi untuk timnya (Foto: Avirista Midaada/MNC Portal Indonesia)

KEGAGALAN Persik Kediri melaju ke Perempatfinal Piala Presiden 2022 membuat mereka banyak melakukan evaluasi. Javier Roca, pelatih tim berjuluk Macan Putih itu melihat penyelesaian akhir masih jadi salah satu evaluasi terbesar Persik Kediri pasca gagal ke Perempatfinal Piala Presiden 2022.

Ya, sebagaimana diketahui, Persik Kediri dipastikan tersingkir dari Piala Presiden 2022. Hal itu menyusul hasil imbang tanpa gol yang diraih Macan Putih kala bersua PSM Makassar, pada Minggu, 19 Juni 2022 sore WIB.

Persik Kediri vs PSM Makassar

Persik Kediri sebenarnya mempunyai sejumlah peluang emas. Akan tetapi, hal tersebut gagal dikonversi jadi gol. Sebab demikian, Persik Kediri harus bermain imbang.

Hasil imbang itu membuat posisi Persik Kediri tak beranjak dari urutan ketiga. Terlebih, di laga lainnya, Arema FC berhasil menang 1-0 atas Persikabo 1973. Praktis, harapan Persik Kediri melangkah ke perempatfinal tertutup.

Pasalnya, Persik Kediri hanya mampu mengoleksi empat poin. Sememtara Arema FC berhasil mengantongi enam poin.

Di lain hal, PSM Makassar sebenarnya juga mengantongi empat poin, sama seperti Persik Kediri. Akan tetapi, menurut tie breaker, PSM Makassar yang berhak melaju ke perempatfinal.

Meski gagal Javier Roca telah mengantongi hal-hal yang perlu diperbaiki menjelang Liga 1 2022-2023 mendatang. Mengingat kompetisi Liga 1 musim baru bakal bergulir di Juli 2022.

"Kita harusnya perbaiki finishing masih kurang, jangan sampai kita bikin kesalahan sama seperti Liga kemarin. Di mana kita banyak peluang, tapi akhirnya cuma satu pemain yang selalu bikin gol, dan itu PR utama kita untuk ke depan," ucap Javier Roca seusai pertandingan melawan PSM Makassar.

Persik Kediri vs Persikabo 1973

Pelatih asal Chile ini menuturkan, berkaca di tiga pertandingan fase Grup D Piala Presiden 2022 ini secara taktikal dan strategi sudah sesuai dengan keinginannya. Hal ini disebut Roca bakal menjadi modal saat kompetisi Liga 1 2022-2023 mendatang.

"Tapi kita harus benar-benar lebih konsentrasi dan efektif. Ada beberapa bola yang lewat hampir garis itu PR kita untuk ke depan. Secara keseluruhan saya pikir anak-anak maksimal secara taktikal," ucap pelatih berusia 42 tahun ini.

Ia pun menyoroti lini belakang bertahan timnya. Secara keseluruhan, ia cukup puas dengan sisi bertahan Persik Kediri.

"Dari tiga pertandingan saya pikir lini belakang kita jalan dengan benar. Tapi, kita harus perbaiki yang pertama ball possession kita dari lini defensif, masih terlalu rapat tidak terlalu halus," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini