Share

Stadion GBLA Kembali Telan Korban, Sudah 4 Orang Tewas dalam 6 Tahun Terakhir

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 49 2613789 stadion-gbla-kembali-telan-korban-sudah-4-orang-tewas-dalam-6-tahun-terakhir-4wxIQULAxq.jpg Stadion GBLA kembali telan korban usai 2 orang Bobotoh tewas di laga Persebaya Surabaya vs Persib Bandung. (Foto: Arif Budianto/MNC Portal Indonesia)

BANDUNG – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kembali menelan korban jiwa. Dengan tewasnya 2 orang Bobotoh di GBLA dalam laga Persebaya Surabaya vs Persib Bandung, Jumat 17 Juni 2022 malam WIB, total sudah ada 4 orang yang meninggal dunia dalam 6 tahun terakhir di stadion yang digunakan sebagai markas Persib Bandung itu.

Ya, Persib kembali menggunakan GBLA sebagai markas dalam bergala di Piala Presiden 2022. Namun baru dua laga dilakoni tim kebanggaan Jawa Barat itu di Stadion GBLA, sudah berjatuhan korban meninggal dunia.

Kericuhan Bobotoh di laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya. Foto: Media Sosial

Korban itu merupakan dua orang suporter yang berniat menonton langsung Persib berlaga di stadion. Dengan ini, bertambah sejarah kelam Stadion GBLA dalam enam tahun terakhir.

Tepatnya, insiden itu terjadi pada laga Persib vs Persebaya Surabaya yang digelar Jumat 17 Juni 2022 yang dimenangkan tuan rumah 3-1. Stadion berkapasitas 38 ribu kursi itu dipadati penonton.

BACA JUGA: 2 Orang Bobotoh Meninggal Dunia di GBLA, Kesaksian Keluarga: Ditemukan Tak Bernyawa Setelah 3 Jam Hilang

Sebelum laga, terjadi saling rebut masuk ke stadion di antara para suporter. Alhasil, terjadi kerumunan orang yang saling berdesakan hingga tak jarang ada yang terinjak-injak.

BACA JUGA: Berduka 2 Suporter Persib Bandung Meninggal Dunia di GBLA, Nick Kuipers Tulis Pesan Menyentuh

Dua orang yang diduga bernama Ahmad Solihin warga Cibaduyut dan Sopiana Yusuf warga Bogor berada di antaranya, di area pintu masuk V dan U. Keduanya pun tewas karena diduga kehabisan napas dan terinjak-injak.

Tewasnya Ahmad dan Sopiana menambah daftar kematian di Stadion GBLA menjadi empat orang dalam enam tahun terakhir. Sebelumnya, dua orang juga tewas di stadion ini dengan kronologi yang berbeda.

Pertama pada kompetisi Liga 1 2017. Seorang suporter bernama Ricko Andrean menjadi korban salah keroyok saat menonton laga antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, 22 Juli 2017.

Kala itu, oknum Bobotoh menyangka Ricko merupakan suporter The Jakmania. Pengeroyokan itu membuat Ricko tidak sadarkan diri dan mengembuskan napas terakhir setelah dibawa ke Rumah Sakit Santo Yusuf.

Bobotoh

Satu tahun berikutnya, suporter Persija Jakarta bernama Haringga Sirila harus meregang nyawa setelah dikeroyok beberapa oknum suporter. Hal itu terjadi di laga Persib Bandung vs Persija Jakarta pada 23 September 2018.

Saat itu, Haringga sebagai The Jakmania nekat datang ke stadion, meski telah ada larangan sebelumnya. Kemudian, dia mengunggah nada provokatif di media sosial hingga terendus oleh oknum suporter Persib.

Setelah diketahui posisi Haringga, tak tanggung-tanggung kerumunan menghujani bogem mentah kepadanya. Polisi menetapkan 7 tersangka utama dan diberi hukuman larangan menonton pertandingan sepakbola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini