Share

5 Pesepak Bola Top Dunia yang Berpotensi Hadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Nomor 1 Top Skor Liga Inggris 2021-2022

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 51 2613062 5-pesepak-bola-top-dunia-yang-berpotensi-hadapi-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023-nomor-1-top-skor-liga-inggris-2021-2022-lqbskDyBMp.jpg 5 pesepak bola top dunia yang berpotensi hadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (Foto: Reuters)

ADA 5 pesepak bola top dunia yang berpotensi hadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, yang akan dibahas dalam artikel ini. Penantian panjang selama 16 tahun, akhirnya bisa terwujud kembali.

Ya, Timnas Indonesia dipastikan mentas di Piala Asia 2023, setelah terakhi berlaga di turnamen tertinggi benua Asia itu pada tahun 2007 silam. Di balik terwujudnya penantian panjang itu, ada perjuangan dari penggawa skuad Garuda demi masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, Timnas Indonesia tak boleh terlalu larut dalam kegembiraan. Pasalnya, perjuangan sebenarnya tim besutan Shin Tae-yong itu ada di Piala Asia 2023, yang berlangsung Juni 2023 mendatang. Timnas Indonesia pun berpotensi satu grup dengan tim kuat di Asia.

Namun, sebelum jauh membahas ke sana, mari bahas pemain yang berpotensi jadi lawan sulit Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Siapa saja mereka? Berikut 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Berpotensi Hadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023:

5. Takehiro Tomiyasu (Jepang-Arsenal)

  Takehiro Tomiyasu

Diboyong dari Bologna pada awal musim 2022-2022, Takehiro Tomiyasu memperlihatkan kemolekan mengolah bola yang berbahaya. Bek 23 tahun ini termasuk andalan Arsenal di Liga Inggris. Itu tercatat dari 21 pertandingn yang sudah ia lakoni di Liga Inggris 2021-2022.

Takehiru Tomiyasu sendir sudah menyuplai satu assist selama berseragam Arsenal. Selain itu, pengalamannya berlaga di Eropa, disinyalir membuat penggawa skuad Garuda harus berjuang ekstra melewati Takehiro Tomiyasu jika bersua Jepang di Piala Asia 2023.

4. Zidane Iqbal (Irak-Manchester United)

Zidane Iqbal

(Zidane Iqbal (tengah) saat berseragam Manchester United)

Bintang muda Irak ini tak boleh dipandang sebelah mata oleh skuad Garuda. Ya, bagaimana tidak di usianya yang masih 19 tahun, Zidane Iqbal sudah bermain untuk klub raksasa Inggris, Manchester United.

Belum lagi, gelandang 181cm ini juga sudah tinggal lama di Inggris. Dilansir dari laman Transfermarkt Zidane Iqbal sudah di Manchester United sejak 2019 silam. Ia masuk ke skuad muda Setan Merah.

Kemudian, naik ke skuad Manchester United U-23. Selai itu, ia pernah mengukir catatan sejarah ketika tampil dalam laga debut bersama Manchester United di laga kontra Young Boys pada laga Grup F Liga Champions 2021-2022.

3. Taumi Minamino (Jepang-Liverpool)

Taumi Minamino

Di urutan ketiga ada salah satu pemain Jepang, yang mengisi skuad Liverpool. Ya, dia adalah Taumi Minamino, penyerang sayap yang punya daya juang tinggi mengobrak abrik pertahanan lawan.

Kiprah Taumi Minamino sendiri tak boleh dilupakan para penggawa Timnas Indonesia. Pasalnya, pemain berusia 27 tahun itu telah mencicipi sejumlah gelar bergengsi di Liverpool. Adapun prestasi gemilang itu ketika ia berhasli berkontribus juara Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Di Liverpool ia sudah mengoleksi 14 gol dan tiga assist dari 55 pertandingan. Tentu hal itu patut diwaspadai Marc Klok dkk jika bersua Jepang di Piala Asia 2023.

2. Hwang Hee-chan (Korea Selatan-Wolverhampton Wanderers)

Hwang Hee-chan

Kemudian, ada Hwang Hee-chan, penyerang Korea Selatan, yang kini merumput di Eropa. Ya, Hwang Hee-chan sendiri sebenarnya bukan orang baru yang berkaitan dengan Timnas Indonesia. Pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2014 silam, ia sempat bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat itu, Hwang Hee-chan berjibaku menghadapi Timnas Indonesia U-19. Sayangnya, Hwang Hee-chan punya memori buruk lantaran menyerah dari Evan Dimas dkk 2-3 di Jakarta. Akan tetapi, Hwang Hee-chan terus memperlihatkan perkembangannya hingga sekarang.

Setelah jadi korban Evan Dimas, penampilan Hwang Hee-chan melesat tajam. Ia bergabung ke klub Austria, EB Salzburg pada 2014.

Setelah itu, ia direkrut oleh klub Bundesliga Jerman RB Leipzig pada 2020-2021. Satu musim berikutnya, Hwang Hee-chan dipijamkan ke klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers hingga akhirnya dipermanenkan pada Januari 2022 lalu.

1. Son Heung-min (Korea Selatan-Tottenham Hotspur)

Son Heung min

Di urutan pertama, ada bintang lapangan Korea Selatan. Ya, dia adalah Son Heung-min. Siapa yang tidak kenal penyerang 29 tahun ini.

Kariernya begitu moncer sejak kepindahannya ke Tottenham Hotspur pada 2015 silam. Son Heung-min menjelma jadi bomber mematikan di Eropa. Bahkan, di Liga Inggris 2021-2022, pemain kelahiran Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan itu bisa jadi top skor, bersanding dengan Mohamed Salah.

Son Heung-min sudah mencetak 23 gol dari 35 pertandingan yang ia lakoni bersama Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2021-2022. Bukan hanya itu, kiprahnya di Timnas Korea Selatan pun patut diwaspadai.

Bersama Shin Tae-yong waktu di Piala Dunia 2018, Son Heung-min membawa Timnas Korea Selatan menang 2-0 lawan Jerman. Hal itu, jadi catatan baru sepanjang sejarah Timnas Korea Selatan di Piala Dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini