Share

Hasil UEFA Nations League 2022: Belanda dan Belgia Kompak Rebut Kemenangan

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 04:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 51 2611664 hasil-uefa-nations-league-2022-belanda-dan-belgia-kompak-rebut-kemenangan-phfLcVx0Ld.JPG Selebrasi Memphis Depay usai cetak gol di laga Belanda vs Wales. (Foto: Reutes)

TIM Nasional (Timnas) Belanda dan Belgia yang tergabung di Grup A4 UEFA Nations League 2022-2023 kompak merebut kemenangan di matchday keempat pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Belanda tepatnya menang 3-2 kontra Wales, sementara Belgia kalahkan Polandia dengan skor tipis 1-0.

Belanda vs Wales

Timnas Belanda mengawali babak pertama dengan cukup apik. Di Feyenoord Stadium. Tim besutan Louis Van Gaal berhasil menguasai jalannya pertandingan di babak pertama lewat serangan-serangan yang terbukti efektif membongkar pertahanan lawan.

Sementara, Timnas Wales masih mencari cara untuk keluar dari tekanan hingga menit ke-15. Pada menit ke-17, De Oranje -julukan Belanda- akhirnya mampu membuka keunggulan lewat tendangan keras Noa Lang (17’).

Selepas gol itu, Timnas Belanda tidak mau menurunkan tempo permainannya. Mereka semakin beringas hingga akhirnya mencetak gol keduanya lima menit kemudian. Adalah Cody Gakpo (23’) yang kini berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Belanda vs Wales

Gol itu membuat Timnas Wales terpaksa mengubah pola permainannya menjadi lebih berani. Terpantau, kini Robert Page menerapkan permainan menyerang untuk keluar dari tekanan tim tuan rumah.

Tiga menit setelah kebobolan gol kedua, Timnas Wales akhirnya berhasil mempertipis ketertinggalan. Adalah Brennan Johnson (26’) yang sukses memperdaya Jasper Cillessen, kedudukan sementara 1-2 hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, De Oranje yang tengah unggul lebih dominan secara permainan sejak awal. Masuknya Denzel Dumfries juga berhasil mengubah pola serangan Timnas Belanda menjadi lebih variatif.

Meski demikian, beberapa serangan Timnas Belanda justru menemukan jalan buntu berkat solidnya pertahanan Timnas Wales. Memasuki menit ke-70, De Oranje semakin beringas untuk menggedor pertahanan Wales.

Namun, Timnas Wales bukan tanpa perlawanan, masuknya Aaron Ramsey dan Gareth Bale juga berhasil menghidupi serangan pasukan Robert Page. Alhasil, Bale (90+2’) mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan 12 pas.

Pada menit kritis, Timnas Belanda yang tidak mau menyerah untuk meraih kemenangan akhirnya mampu kembali unggul. Adalah Memphis Depay (90+3’) yang berhasil menjadi penyelamat Timnas Belanda dari hasil imbang.

Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Pertandingan akhirnya selesai dengan kemenangan untuk Timnas Belanda atas Wales 3-2 dalam lanjutan UEFA Nations League.

Susunan Pemain Belanda vs Wales:

Belanda (3-4-3): Jasper Cillessen, Jordan Teze (De Vrij 46’), Matthijs de Ligt, Bruno Martis Indi, Hans Hateboer (Dumfries 46’), Teun Koopmeiners, Frenkie de Jong, Tyrell Malacia, Vincent Janssen (Depay 73’), Cody Gakpo, Noa Lang (Bergwijn 75’).

Pelatih: Louis Van Gaal

Wales (5-3-2): Wayne Hennessey, Sorba Thomas, Chris Mepham, Joe Rodon (Gunter 69’), Benjamin Davies, Wesley Burns (Roberts 46’), Matthew Smith (Ramsey 65’), Ethan Ampadu, Harry Wilson, Brennan Johnson, Daniel James (Bale 72’).

Pelatih: Robert Page

Belgia vs Polandia

Pertandingan Belgia vs Polandia dilangsungkan di Stadion Warsawa. Pada awal babak pertama, Timnas Polandia mencoba untuk memegang kendali jalannya pertandingan. Namun, justru mereka kelimpungan ketika mendapatkan serangan balik dari Timnas Belgia.

Situasi ini tentu menyulitkan pasukan Czeslaw Michniewicz untuk memegang mengontrol permainan. Memasuki menit ke-15, Timnas Belgia yang efektif dalam melakukan serangan akhirnya mampu membuka keunggulan lewat Mitchy Batshuayi (18’).

Gol berawal dari pergerakan apik yang dilakukan Youri Tielemans. Pemain Leicester City itu akhirnya mampu mengirim umpan matang yang dimanfaatkan dengan baik oleh Batshuayi, Timnas Belgia unggul 1-0.

Belgia vs Polandia

Di sisi lain, Timnas Polandia yang tertinggal langsung berupaya menyamakan kedudukan. Namun begitu, beberapa peluang tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Robert Lewandowski dan kolega hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, De Rode Duevils -julukan Timnas Belgia- yang tengah unggul berinisiatif mengontrol pertandingan sejak awal. Meski demikian, Timnas Polandia nampaknya kini punya pertahanan yang lebih solid.

Secara bergiliran, Dries Mertens, Batshuayi, dan Eden Hazard berhasil mengancam gawang yang dikawal Wojciech Szczesny. Namun demikian, tidak ada gol tambahan yang tercipta untuk Timnas Belgia.

Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta meski kedua tim bermain cukup ketat hingga akhir. Pertandingan selesai untuk kemenangan Timnas Belgia atas Polandia 1-0 dalam lanjutan UEFA Nations League.

Susunan Pemain Polandia vs Belgia:

Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny, Mateusz Wieteska, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Matty Cash, Szymon Zurkowski, Karol Linetty, Nicola Zalewski (Frankowski 58’), Piotr Zielinski (Swiderski 58’), Sebastian Szymanski (Klich 72’), Robert Lewandowski.

Pelatih: Czeslaw Michniewicz

Belgia (3-4-3): Simon Mignolet, Leander Dendoncker, Toby Aiderwereld, Jan Vertonghen, Thimoty Castagne, Youri Tielemans, Axel Witsel (Vanaken 46’), Thorgan Hazard (Foket 62’), Dries Mertens, Mitchy Batshuayi (Openda 67’), Eden Hazard (Trossard 67’).

Pelatih: Roberto Martinez

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini