Share

Klasemen Akhir Futsal SEA Games 2021: Finis Kedua, Timnas Futsal Indonesia Dapat Medali Perak

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 51 2597607 klasemen-akhir-futsal-sea-games-2021-finis-kedua-timnas-futsal-indonesia-dapat-medali-perak-9YLkvd54fB.jpg Berikut klasemen akhir futsal SEA Games 2021 (Foto: Twitter/@AFFPresse)

KLASEMEN akhir futsal SEA Games 2021 akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, cabang olahraga (cabor) futsal telah menyelesaikan semua pertandingannya.

Timnas Futsal Indonesia keluar sebagai runner-up sehingga dapat medali perak. Nah, tim mana yang dapat medali emas dan perunggu?

Timnas Futsal Indonesia (Foto: Federasi Futsal indonesia)

Untuk medali emas, Thailand berhak mendapatkannya. Itu dipastikan usai Thailand menang 2-0 atas tuan rumah Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Jumat (20/5/2022), sore WIB.

Atas hasil itu, Vietnam pun keluar sebagai peraih medali perunggu. Uniknya, hasil ini mirip seperti Piala AFF Futsal 2022. Di ajang akbar itu, Thailand pun keluar sebagai juara dan Timnas Futsal Indonesia menjadi runner-up, sedangkan Vietnam menempati tempat ketiga.

Sementara itu, secara keseluruhan, Thailand telah mengumpulkan 10 poin. Thailand unggul dua poin dari Timnas Futsal Indonesia di posisi kedua. Melengkapi tiga besar, ada Vietnam dengan tujuh poin.

Lalu, dua posisi terbawah ditempati oleh Myanmar (empat) dan Malaysia (lima). Kedua tim itu sama-sama mengoleksi satu poin, tetapi selisih gol Myanmar (-11) lebih baik ketimbang Malaysia (-13) sehingga tidak jadi juru kunci.

Dengan demikian, perjuangan Timnas Futsal Indonesia di SEA Games 2021 pun berakhir. Meski gagal meraih emas, medali perak ini patut diapresiasi.

Sebab, ini merupakan prestasi terbaik Timnas Futsal Indonesia sejauh ini di SEA Games. Perlu diketahui, saat tampil di SEA Games edisi 2007, 2011, dan 2013, Timnas Futsal Indonesia hanya meraih medali perunggu. Pencapaian Timnas Futsal Indonesia pun dapat pujian dari Wakil Ketua Umum (Waketum) Federasi Futsal Indonesia (FFI), Syafril Nasution.

“Ini suatu prestasi luar biasa dari Timnas Putra kita. Setelah berhasil menjadi runner up AFF Futsal, saat ini kembali menunjukan prestasinya mendapatkan perak pada SEA Games Vietnam,” kata Syafril kepada MNC Portal Indonesia.

“Sejak futsal diikutsertakan pada SEA Games 2007, maka kali ini pertama mendapatkan perak, walau sebelumnya hampir tidak diberangkatkan ke SEA Games, tapi dengan usaha Ketum FFI, maka Timnas Futsal dapat diberangkatkan,” terangnya.

Timnas Futsal Indonesia (Foto: PSSI)

“Futsal Indonesia, yang dikomandoi oleh Bapak Hary Tanoesoedibjo sebagai Ketum FFI, telah menunjukkan keperkasaannya di Asia. Kesuksesan futsal tidak lepas dari dorongan Ketum FFI dalam memajukan futsal Tanah Air,” paparnya.

“Kesuksesan timnas ini tentu dampak dari rutinnya kejuaraan atau pertandingan futsal yg dilakukan mulai tingkat provinsi, nasional, termasuk liga pro,” pungkasnya.

Berikut klasemen akhir futsal SEA Games 2021:

Thailand – 10 poin

Timnas Futsal Indonesia – 8 poin

Vietnam – 7 poin

Myanmar – 1 poin

Malaysia – 1 poin

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini